Alexa Kini Terima Perintah Suara di iPhone

Kompas.com - 29/06/2018, 17:35 WIB
Ilustrasi aplikasi Amazon Alexa BGRIlustrasi aplikasi Amazon Alexa

KOMPAS.com - Para pengguna Apple, baik iPhone atau iPad tentu akrab dengan asisten virtual Siri. Agaknya, eksistensi Siri di platform iOS akan mendapat persaingan dari asisten virtual Alexa buatan Amazon.

Setelah setahun terpajang di App Store, akhirnya asisten virtual Alexa akan bisa mematuhi perintah suara di perangkat iOS, layaknya Siri. Nantinya, pengguna Apple bisa memberikan perintah suara ke Alexa berupa pertanyaan, atau mengoperasikan speaker pintar Amazon Echo.

Caranya, buka aplikasi Alexa di iPhone atau iPad lalu ketuk tombol Alexa di tengah "bar command" di bawah layar, dan ucapkan perintah yang ingin diberikan. Hampir semua perintah suara yang bisa diaplikasikan ke speaker Echo juga bisa dilakukan di aplikasi.

Baca juga: Dengan AirPods Versi Baru, Siri Bakal Bisa Dipanggil Lewat Suara?

Misalnya, meminta Alexa untuk memutarkan musik hingga memberikan prediksi cuaca. Pengguna iOS yang memiliki speaker pintar Echo juga bisa mengendalikan perangkat rumah pintar (smart home) yang terkoneksi dengan Echo.

Satu hal yang tidak bisa dilakukan adalah, mengubah asisten virtual default di perangkat iOS yang dihuni Siri, sebagaimana KompasTekno rangkum dari BGR, Jumat (29/6/2018).

Tidak seperti Alexa di perangkat Android yang bisa menggantikan Google Assistant, di iOS, pengguna tidak bisa melakukan hal serupa. Sehingga, Siri akan tetap menjadi asisten pintar pengguna iPhone dan iPad meskipun ada Alexa.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X