Kamera Selfie Facebook Bisa Baca Emosi? - Kompas.com

Kamera Selfie Facebook Bisa Baca Emosi?

Kompas.com - 29/06/2018, 18:05 WIB
Facebook patenkan filter selfie sesuai kondisi emosi.Facebook Facebook patenkan filter selfie sesuai kondisi emosi.

KOMPAS.com - Facebook baru saja mempublikasikan paten yang memungkinkan pengguna menjepret selfie, lantas hasilnya otomatis dibubuhi filter yang sesuai dengan kondisi emosi.

Paten ini sudah diajukan sejak 2016 lalu, tetapi baru diumbar terbuka ke publik pada pekan lalu. Premisnya sederhana, yakni memberikan filter selfie yang benar-benar cocok.

Selama ini, filter selfie di berbagai layanan kerap dipilih sendiri oleh pengguna. Dalam kondisi emosi apa saja, pengguna bisa memakai filter untuk menutupinya.

Agaknya paten teranyar Facebook hendak mengajak netizen agar lebih jujur dengan perasaan mereka. Contohnya, jika teknologi Facebook mendeteksi emosi bahagia, filter selfie yang keluar adalah “happy panda”.

Baca juga: 4 Tips Bikin Foto Selfie yang Mengundang Banyak Like

“Emosi terkejut diberikan filter ‘surprised eyes’, emosi marah diberikan filter ‘angry bird’. emosi sedih diberikan filter ‘gushing tears’,” begitu tertera pada keterangan paten, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (29/6/2018), dari Mashable.

Filter selfie pendeteksi emosi ini dimungkinkan oleh teknologi machine learning (ML), berdasarkan fitur-fitur wajah manusia yang dikumpulkan ketika berekspresi.

Meski judulnya adalah filter selfie “pendeteksi emosi”, sejatinya ada faktor lain dari paten ini. Hasil selfie pengguna bisa pula tersemat filter sesuai lokasi atau konten di dalam foto itu sendiri.

“Misalnya, ketika pengguna berada di kebun binatang dan melihat seekor panda sambil tersenyum, maka bisa saja filter yang keluar adalah ‘happy panda’,” kata juru bicara Facebook.

Belum jelas kapan Facebook akan merealisasikan paten ini dalam bentuk fitur di layanan jejaring sosialnya. Kita tunggu saja.



Close Ads X