Facebook Kini Lebih Transparan soal Iklan - Kompas.com

Facebook Kini Lebih Transparan soal Iklan

Kompas.com - 30/06/2018, 13:44 WIB
Iklan Facebook kini lebih transparan.Facebook Iklan Facebook kini lebih transparan.

KOMPAS.com - Facebook menerapkan standar transparansi baru untuk iklan dan Page. Mulai sekarang, pengiklan wajib memberikan informasi lebih rinci terkait kampanye yang sedang mereka jalankan.

Tujuannya meningkatkan akuntabilitas, agar Facebook menjadi platform iklan sekaligus jejaring sosial yang nyaman bagi semua penghuninya. Segala penyalahgunaan diharapkan bisa tereduksi.

Berikut penjelasan lebih lengkapnya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Sabtu (30/6/2018), dari keterangan pers.

Pertama, semua pengguna bisa melihat iklan yang sedang berjalan di Facebook, Instagram, Messenger, dan mitra lainnya, tanpa menjadi target pasar sebuah iklan.

Caranya mudah, cukup kunjungi Page apa saja, lantas pilih “Info dan Iklan”. Pengguna bakal melihat tampilan visual dan teks iklan dari Page tersebut. Jika ada yang mencurigakan, pengguna bisa mengklik “Laporkan iklan”.

Kedua, pengguna bisa mengetahui informasi lebih dalam soal Page, meski tidak ada iklannya. Pengguna bisa melihat kapan Page itu dibuat dan apa saja perubahan-perubahannya.

Sebagai tambahan, Facebook juga meluncurkan fitur pelabelan dan pengarsipan untuk iklan politik di Brasil. Pasalnya, pada Oktober mendatang, akan diadakan pemilu di sana.

Baca juga: Karyawan Facebook dan WhatsApp, Satu Atap Tapi Tak Harmonis

Semua pengiklan politik di Brasil harus mendaftarkan diri ke Facebook sebelum menjalankan iklannya. Masyarakat Brasil akan melihat label khusus untuk iklan-iklan politik dan semua tersimpan dalam arsip khusus.

Belum jelas apakah fitur serupa akan diterapkan pula di Indonesia pada Pemilu Presiden 2019 mendatang. Kita tunggu saja.

Baca juga: Facebook Bakal Tampilkan Waktu yang Dihabiskan Pengguna


Komentar
Close Ads X