Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X Gunakan Layar Galaxy S9

Kompas.com - 30/06/2018, 20:43 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find X resmi diperkenalkan beberapa waktu lalu. Ponsel ini memiliki layar yang sangat bersih dengan menyisakan bingkai yang sangat tipis. 

Layar yang bersih ini ternyata sama seperti yang digunakan pada Samsung Galaxy S9. Samsung sendiri mengaku memang menyuplai layar untuk Oppo Find X.

Layar yang digunakan oleh Oppo Find X adalah Y-OCTA. Layar ini juga digunakan pada flagship Samsung Galaxy Note 7, Galaxy S8, S9 dan S9 Plus.

Perlu diketahui selama ini, penggunaan layar Y-OCTA dibatasi hanya untuk perangkat flagship milik Samsung saja. Tentu saja ini dilakukan untuk menambah nilai jualnya ketimbang vendor lain.

Tak ada alasan pasti mengapa Samsung kemudian menjual teknologi layar ini pada merek lain. Namun diduga kuat keputusan ini dilandasi oleh menurunnya jumlah pesanan Apple untuk panel layar OLED yang diproduksi Samsung, seperti dikutip KompasTekno dari Android Authority, Sabtu (30/6/2018).

Baca juga: 8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Oppo Find X

Teknologi layar Y-OCTA sendiri menggabungkan lapisan layar sentuh pada panel dengan bagian lain yang dapat menyembunykan lapisan layar sentuh tersebut. Sehingga layar terlihat akan lebih bersih dengan bazel yang tipis serta biaya produksi ponsel yang lebih murah.

Oppo Find X sendiri memang memiliki layar yang sangat bersih. Bersihnya layar ponsel ini dikarenakan kamera depan dan speaker yang diletakkan tersembunyi di balik layar.

Kamera belakang Oppo Find X pun ikut tersembunyi dengan modul kamera depan saat tidak digunakan. Layar Oppo Find X juga mengusung konsep melengkung, serupa dengan ponsel Samsung kelas atas.

Tipisnya bazel pada Oppo Find X membuat ponsel ini memiliki bentang yang luas yakni sekitar 6,42 inci. Rasio screen to body ponsel ini pun sangat tinggi yakni mencapai 93,8 persen dan menjadi rasio paling besar di pasaran.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Oppo Find X


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com