"Brown" dan "Sally" Bisa Diajak Ngobrol lewat Speaker Pintar Line

Kompas.com - 02/07/2018, 06:26 WIB
Smart Speaker Clova Friends keluaran Line dipamerkan dalam acara Line Conference 2018 yang diadakan di Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang, Kamis (28/6/2018). KOMPAS.com/IRFAN MAULLANASmart Speaker Clova Friends keluaran Line dipamerkan dalam acara Line Conference 2018 yang diadakan di Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang, Kamis (28/6/2018).


TOKYO, KOMPAS.com - Setelah meluncurkan speaker cerdas Clova Wave yang mengusung kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) pada 2017 lalu, kini Line Corporation merilis Clova Friends dan Clova Friends Mini.

Speaker pintar ini resmi diluncurkan bersamaan dengan digelarnya Line Conference yang diadakan di Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang pada Kamis (28/6/2018) lalu.

"Tahun lalu kami mengenalkan Line Clova yang pelan tapi pasti terus meningkat penjualannya. Kami mencatat pertumbuhan penggunanya meningkat hingga 10 kali lipat," kata Director and CSMO Line Corporation Jun Masuda di panggung utama Line Conference.

Baca juga: Juli, Line Luncurkan Layanan Pertukaran Cryptocurrency Bitbox

Clova Friends dan Clova Friends Mini diluncurkan dengan berbagai macam bentuk karakter, mulai dari Brown dan Sally (dua karakter orisinil Line), Doraemon, dan Minion. Khusus Minion, Clova Friends dan Clova Friends Mini karakter ini bakal dirilis di Jepang pada musim gugur mendatang.

Smart Speaker Clova Friends Mini keluaran Line dipamerkan dalam acara Line Conference 2018 yang diadakan di Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang, Kamis (28/6/2018).KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Smart Speaker Clova Friends Mini keluaran Line dipamerkan dalam acara Line Conference 2018 yang diadakan di Maihama Amphitheater, Tokyo, Jepang, Kamis (28/6/2018).

Dari pantauan Kompas.com, Clova Friends Mini di Line Friends Store Harajuku dijual dengan harga 5.400 Yen (setara Rp 710.000).

Di toko pernak pernik resmi keluaran Line ini juga dijual Clova Hoodie, "casing" yang bisa membuat Clova Friends dan Clova Friends Mini semakin tampil menggemaskan.

Baca juga: Serunya Berburu Karakter BT21 di Line Friends Store Harajuku

Saat ini Line tengah mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna bisa berbicara dengan AI Clova miliknya. Selain itu, Line Corporation juga mengumumkan cara untuk memanfaatkan deep neural network text to speech (DNN-TTS) berdasarkan pada deep learning technologies guna menambah kedalaman karakter Clova.

"DNN-TTS memungkinkan perusahaan untuk meniru karakteristik suara dengan jumlah data minimal (sekitar 4 jam audio, 1/10 dari yang diperlukan dari teknologi sebelumnya), sehingga memungkinkan menghasilkan suara sintesis yang jelas dan andal, bahkan ketika dihadapkan dengan kosakata baru," jelas Masuda.

Director and CSMO Line Corporation Jun Masuda berpose di kantor Line Japan, Tokyo, Jepang, Jumat (29/6/2018).KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Director and CSMO Line Corporation Jun Masuda berpose di kantor Line Japan, Tokyo, Jepang, Jumat (29/6/2018).

Clova Desk

Tak hanya Clova Friends dan Clova Friends Mini saja yang diluncurkan dalam Line Conference. Line tak lupa mengumumkan rencana mereka untuk merilis Clova Desk, speaker pintar yang memiliki kamera dengan kemampuan mengenali gambar, fungsi remote IR, dan baterai.

"Skill, itu sesuatu yang bisa dilakukan Clova. Dengan Clova Desk, pengguna dapat mengendalikan berbagai perangkat di rumahnya yang terhubung dengan Clova," kata Masuda.

Untuk yang termutakhir, Line mengumumkan bahwa mereka juga akan meluncurkan Clova Auto, sebuah sistem yang menghubungkan Clova dengan mobil penggunanya. Clova jenis ini akan tersedia dalam model mobil baru yang mendukung smart device link (SDL) yang akan dijual oleh Toyota Motor Corporation mulai musim dingin tahun ini di Jepang.

Baca juga: Line Luncurkan Layanan Game Quick Games

"Clova akan dihubungkan dengan mobil sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan smart phone saat mengemudi. Di dalam kendaraan nanti misalnya, Clova dapat digunakan untuk mengakses Line Music atau Line Call. Ini merupakan kolaborasi Line Clova x Toyota Motor," kata Masuda.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X