Facebook Ingin Beli Hak Siar Liga Primer Inggris - Kompas.com

Facebook Ingin Beli Hak Siar Liga Primer Inggris

Kompas.com - 02/07/2018, 11:07 WIB
FacebookKAREN BLEIER / AFP Facebook

KOMPAS.com - Facebook ingin semakin melebarkan sayap bisnisnya di industri penyiaran. Raksasa media sosial ini dikabarkan terpikat dengan peluang bisnis siaran sepak bola dan tengah dalam proses untuk membeli hak siar Liga Primer Inggris.

Menurut sumber terdekat yang enggan disebutkan identitasnya, proses negosiasi ini kabarnya akan berlangsung dalam beberapa pekan ke depan. Kontrak yang tengah diupayakan Facebook akan berlangsung selama tiga tahun, atau tiga musim pertandingan.

Dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Senin (2/7/2018), jika berhasil, Facebook akan memegang hak siar Liga Primer, baik di lingkup Inggris maupun Internasional. Namun kabar lainnya menyebutkan lisensi yang dibeli Facebook akan sebatas izin penyiaran di wilayah Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Jika kabar ini benar adanya, maka besar kemungkinan Facebook akan menyiarkan seluruh pertandingan lewat fitur live streaming yang akan tampil di lini masa pengguna.

Tidak disebutkan berapa dana yang akan digelontorkan Facebook untuk memiliki hak siar Liga Primer ini. Namun sebagai gambaran, BeIN Sports sebagai salah satu pemegang lisensi penyiaran dikabarkan membayar sekitar 250 juta dollar AS atau setara Rp 3,6 triliun untuk tiga musim ke depan.

Baca juga: Cara Live Streaming Piala Dunia 2018 di Smartphone

Seperti diketahui, kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Inggris itu memang tengah bersiap mengadakan lelang menyangkut hak siar untuk durasi selama tiga musim ke depan.

Sejak 2017

Sejatinya, rencana Facebook untuk masuk dalam bisnis penyiaran khususnya Liga Primer Inggris ini sudah dicanangkan sejak 2017 lalu. Kala itu Kepala Bidang Olahraga di Facebook, Dan Reed mengungkap adanya kemungkinan mengajukan diri untuk mendapat hak siar Liga Primer nggris.

Pemain Manchester City melakukan perayaan kesuksesan memenangi gelar Liga Inggris musim 2017-2018 di Stadion Etihad, Minggu (6/5/2018) malam WIB.PAUL ELLIS/AFP Pemain Manchester City melakukan perayaan kesuksesan memenangi gelar Liga Inggris musim 2017-2018 di Stadion Etihad, Minggu (6/5/2018) malam WIB.

"Liga Primer adalah partner yang sangat penting bagi kami dan kami akan sangat senang menjalin kerja sama dengan mereka," ungkap Dan Reed.

Baca juga: Nonton Liga Inggris Bisa Pakai Kuota Data VideoMAX Telkomsel

Sebelumnya, Amazon pun diberitakan berminat untuk memiliki hak siar Liga Primer. Sementara ini hak siar Liga Primer masih dipegang oleh BT Sport dan Sky Sports. Kedua lembaga ini kemudian memberi lisensi pada stasiun televisi lain untuk menayangkan siaran Liga Primer.

Liga Primer Inggris sejauh ini memang menjadi liga domestik yang paling menguntungkan dari sisi bisnis penyiaran. Facebook pun selama ini sudah cukup berpengalaman dalam menayangkan siaran sepak bola.

Ada beberapa pertandingan Liga Champions Eropa yang ditayangkan secara live stream bekerjasama dengan Fox Sports sera beberapa pertandingan bisbol di liga utama AS.



Close Ads X