7 Fitur Baru Instagram Ancam Snapchat, YouTube, dan Ask.fm

Kompas.com - 02/07/2018, 12:09 WIB
Ilustrasi Instagram .Ilustrasi Instagram

KOMPAS.com - Per Juni 2018, Instagram memamerkan jumlah pengguna aktif bulanannya yang tembus 1 miliar. Pertumbuhan ini paling signifikan dibanding "saudaranya", Facebook yang mencapai 2,2 miliar dan juga kompetitornya, Snapchat yang di periode ini mencapai 191 juta pengguna aktif bulanan.

Lebih spesifik lagi, fitur unggulan Instagram, yakni Instagram Stories disebut menggaet 400 juta pengguna aktif harian. Lagi-lagi, jumlah ini dua kali lipat dari pengguna Snapchat yang lebih awal memperkenalkan fitur stories.

Instagram tak hanya merebut pengguna Snapchat saja, namun juga mencaplok fitur-fitur Snapchat di fitur baru Instagram. Tak hanya hanya Snapchat, beberapa fitur baru Instagram agaknya "terinspirasi" dari aplikasi lain.

Sebut saja fitur IGTV yang mirip YouTube atau fitur "question" (pertanyaan) yang serupa ask.fm. Apakah hanya dua fitur itu? Tentut tidak. Dari pengamatan KompasTekno, setidaknya ada enam fitur baru di Instagram yang menduplikat skema aplikasi pesaing.

1. Video chat 

Fitur video chat sebenarnya sudah banyak diadopsi beberapa aplikasi seperti Line, WhatsApp, Face Time, Facebook dan Snapchat. Di Instagram, fitur ini diakses melalui "direct message".
Untuk cara menggunakannya, bisa dilihat dalam artikel berikut.

Baca juga: Fitur Video Call Instagram Sudah Bisa Dicoba di Android dan iOS

Sebagai perbandingan, fitur video chat Instagram bisa menampung dua hingga empat orang termasuk si penelpon dalam satu ruang obrolan. Jumlah ini relatif kecil dibanding pesainya.
Seperti Snapchat yang bisa menampung 16 orang, hingga 32 orang yang bisa mendengarkan via audio.

Face Time di iOS, bisa menampung 32 orang, sementara Facebook Messenger, bisa menampung enam orang untuk tatap muka dan 50 orang lainya sebagai pendengar. Meski sedikit, Instagram menawarkan hal menarik di fitur ini. Saat video chat masih berlangsung, pengguna bisa memperkecil jendela video, dan lanjut meyusuri feed Instagram di beranda.

2. Topic channels di explores

Bersama peluncuran video chat, Instagram juga merombak bagian pencarian atau "explore". Dengan fitur "topic channels", pengguna bisa lebih mudah mencari konten yang disukai yang telah dikategorikan. Seperti konten musik, komik, travel atau lainnya yang diklaim diurutkan berdasarkan preferensi pengguna.

Fitur ini kurang lebih sedikit mirip dengan fitur "discover page" di Snapchat. Fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengakses konten dari penerbit, iklan, stories dari orang-orang yang mereka ikuti meski tidak berteman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X