Kompas.com - 02/07/2018, 14:01 WIB
Samsung umumkan acara Unpacked 2018 dengan kisi-kisi berupa S-Pen berwarna kuning. Phone ArenaSamsung umumkan acara Unpacked 2018 dengan kisi-kisi berupa S-Pen berwarna kuning.

KOMPAS.com - Pekan lalu, Samsung mengonfirmasi tanggal peluncuran Galaxy Note 9 yang jatuh pada 9 Agustus 2018. Hal itu disampaikan melalui undangan berformat video 22 detik.

Tak banyak yang diumbar dalam video tersebut, hanya menampilkan sebuah S-Pen (pena digital) berwarna kuning. Agaknya S-Pen pada Galaxy Note 9 bakal membawa pembaruan signifikan dan menjadi topik bahasan utama.

Hal ini sesuai dengan prediksi pembocor “Ice Universe” yang kerap mengumbar informasi via akun Twitter personalnya (@univerceice). Pekan lalu, sebelum undangan Samsung tersebar, ia mengatakan “S-Pen terbaru layak ditunggu”.

Baru-baru ini, ia menjabarkan lebih detil soal S-Pen pada Galaxy Note 9. Pena digital itu dikatakan mampu mengontrol musik dan menyetel self-timer dari jarak jauh.

Paling menarik, S-Pen dikatakan memiliki fungsi yang berkaitan dengan Bluetooth, meski tak ada hubungannya dengan kiprahnya sebagai aksesori pena digital, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (2/7/2018), dari PhoneArena.

Ada spekulasi yang menyebut S-Pen pada Galaxy Note 9 bakal berperan ganda, sekaligus sebagai speaker Bluetooth nirkabel. Jika benar, S-Pen teranyar harusnya lebih tebal sebab perlu disematkan baterai.

Selain S-Pen, belum banyak bocoran spesifikasi dan fitur Galaxy Note 9 yang beredar. Salah satu yang ramai didiskusikan adalah fitur pemindai sidik jari di balik layar (in-display fingerprint), serta peningkatan teknologi kamera.

Berbagai bocoran ini belum mendapat konfirmasi resmi dari Samsung, sehingga tidak bisa diyakini 100 persen. Kita tunggu saja dalam kurun waktu sebulan ke depan, pada 9 Agustus 2018.

Baca juga: Purwarupa Galaxy Note 9 Sudah Bisa Dijajal, Spesifikasinya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.