Smartphone dengan 9 Kamera Diumumkan Tahun Ini?

Kompas.com - 02/07/2018, 16:02 WIB
Kamera Light L16 dengan 16 buah lensa. LightKamera Light L16 dengan 16 buah lensa.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Jumlah kamera pada smartphone menunjukkan kecenderungan makin meningkat. Dari dua kamera utama, pabrikan seperti Huawei mulai menerapkan tiga kamera pada produknya.

Tahun ini, mungkin smartphone pertama yang mengusung kamera hingga sembilan buah di punggung bakal diumumkan. Hal tersebut diungkapkan oleh Light, perusahaan kamera yang pernah merilis kamera dengan 16 buah lensa.

Salah satu investor Light adalah raksasa manufaktur gadget Foxconn asal China. Karena itu tak mengherankan apabila Light menanamkan teknologinya di sebuah smartphone.

Light sendiri sudah mengembangkan prototipe fungsional dari ponsel yang dibekali teknologi terkait dengan jumlah kamera hingga 9 buah, menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari Washington Post, Senin (2/7/2018).

Baca juga: Begini Tampang iPhone X Kalau Pakai 3 Kamera Belakang

Kesembilan kamera sang ponsel diklaim mampu menangkap foto beresolusi 64 megapiksel, dengan kinerja low-light dan efek depth-of-field (bokeh) mumpuni.

Sebelumnya, sekitar setahun lalu, Light telah memproduksi kamera saku dengan 16 lensa bernama L16.

Belasan lensa yang memiliki rentang focal length berbeda itu menjepret secara bersamaan.  Hasilnya kemudian digabungkan dalam sebuah frame final beresolusi 52 megapiksel dan diklaim memiliki kualitas setara DLSR, lengkap dengan simulasi bokeh.  

Kamera L16 yang bertampang aneh mirip kepala laba-laba ini dijual mahal, dengan banderol mencapai 1.950 dollar AS atau sekitar Rp 28 juta. Karena itu, kalaupun nanti benar dirilis ke pasaran, smartphone dengan teknologi Light, boleh jadi bakal berharga tinggi pula. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.