Spotify Kini Punya Aplikasi Versi Ringan

Kompas.com - 02/07/2018, 17:13 WIB
Ilustrasi pengguna Spotify StockSnapIlustrasi pengguna Spotify

KOMPAS.com - Layanan internet berlomba-lomba menghadirkan aplikasi versi ringan atau kerap diistilahkan "Lite". Dipelopori klan Facebook, kini Google dan Uber pun menghadirkan aplikasi Lite.

Yang teranyar, layanan music-streaming Spotify turut mengikut tren ini dengan memperkenalkan "Spotify Lite". Ukuran aplikasinya cuma 15 MB atau sekitar 50 persen lebih ringan ketimbang Spotify standar.

Sebagai konsekuensinya, ada beberapa fitur Spotify yang tak tertera pada Spotify Lite. Misalnya saja opsi "offline mode" yang memungkinkan pengguna mengunduh lagu ketika tersambung Wi-Fi, sehingga nantinya bisa mendengarkan lagu itu tanpa terkoneksi jaringan internet.

"Spotify Connect" juga tak tersedia pada versi Lite. Padahal fitur ini bisa dibilang cukup penting, memungkinkan pengguna menyambungkan akses dari smartphone ke laptop atau speaker, sehingga lebih fleksibel.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Layanan Mirip Spotify dan Netflix

Fitur lainnya yang dipangkas adalah kemampuan menyeleksi lagu-lagu spesifik sesuai keinginan hati pengguna, meski berlangganan "Spotify Premium", sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (2/7/2018), dari Ubergizmo.

Diketahui, pelanggan gratis "Spotify Free" selama ini memang dibatasi ketika hendak memilih lagu sesuai kehendak hati. Spotify sendiri yang akan memilihkan alur lagu.

Jika pelanggan berbayar di "Spotify Premium", salah satu kemewahannya adalah bisa sesuka hati memilih lagu. Kemewahan lainnya adalah bebas dari iklan.

Spotify Lite saat ini baru tersedia secara beta di beberapa negara. Semoga saja ketika dirilis resmi beberapa fitur penting yang dipangkas tetap bisa diakses.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Ubergizmo

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X