Kompas.com - 03/07/2018, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Bug atau celah pemrograman di ponsel Samsung membuat aplikasi pesan bawaan “Messages” otomatis mengirim foto ke kontak pengguna secara acak. Hal ini dilaporkan para pengguna via forum online resmi Samsung dan Reddit.

Insiden ini dialami beberapa pengguna, bahkan termasuk yang menggunakan model-model ponsel Samsung anyar, seperti Galaxy Note 8 dan Galaxy S9.

Seorang pengguna mengaku bug aneh itu tak cuma mengirim satu foto, melainkan semua foto di galerinya ke seorang kontak, tanpa ia sadari. Untungnya, kontak itu tak lain adalah teman dekatnya sendiri.

Sukar dibayangkan jika foto-foto itu terkirim ke rekan kerja, bos, atau klien. Belum lagi jika foto-fotonya bersifat sangat personal.

Yang paling mencemaskan, foto-foto itu terkirim otomatis, tanpa meninggalkan jejak di ponsel pengguna (pengirim). Penerima yang harus melapor ke pengguna agar insiden ini diketahui.

Baca juga: Ditemukan Bug di MIUI Xiaomi, Data di Ponsel Bisa Bocor

Para pengguna berspekulasi, bug ini disebabkan interaksi antara Samsung Messages dengan pembaruan profil rich communication services (RCS) dengan operator telekomunikasi AS, T-Mobile.

Tujuan RCS itu untuk menyematkan fitur-fitur baru, seperti pengalaman yang lebih baik ketika membagi konten visual, indikator pengetikan, dan antarmuka secara keseluruhan. Hal ini buru-buru dibantah T-Mobile.

“Itu bukan masalah dari T-Mobile,” ujar juru bicaranya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (3/7/2018), dari Gizmodo.

Samsung pun angkat bicara perihal insiden yang menimpa segelintir penggunanya. Meski belum bisa memberikan jawaban pasti, sang pabrikan Korea Selatan itu mengaku tengah menyelidiki masalah ini.

“Kami mengetahui keluhan-keluhan pengguna tentang masalah ini. Tim teknis kami sedang mengecek apa yang terjadi,” kata juru bicara Samsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmodo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.