Sepi Pengguna, Tiga Aplikasi Facebook Ditutup - Kompas.com

Sepi Pengguna, Tiga Aplikasi Facebook Ditutup

Kompas.com - 03/07/2018, 14:26 WIB
Ilustrasi jejaring sosial tbhFacebook Ilustrasi jejaring sosial tbh
KOMPAS.com - Selain aplikasi populer macam WhatsApp dan Instagram, Facebook juga memiliki sejumlah layanan online yang relatif tak terdengar. 
 
Tiga di antaranya baru-baru ini ditutup, yakni Moves, Hello, dan tbh. Ketiganya adalah layanan yang baru diakuisisi atau diluncurkan Facebook dalam empat tahun terakhir.
 
Moves merupakan fitness tracker yang diakuisisi pada 2014. Hello adalah aplikasi home dialler Android keluaran 2015, sementara jejaring sosial untuk remaja, tbh, baru saja dicaplok Facebook pada Oktober 2017.
 
Dalam keterangannya, Facebook mengatakan bahwa ketiga aplikasi ditutup lantaran sepi peminat. Mereka gagal mengumpulkan jumlah pengguna yang signifikan.
 
"Trial and error adalah satu-satunya cara kami menciptakan pengalaman sosial yang baik untuk pengguna," sebut Facebook dalam sebuah posting blog, seakan mengakui Moves, Hello, dan tbh sebagai salah langkah.

Baca juga: Facebook Akuisisi Tbh, Medsos yang Ramai di Kalangan Remaja

 
Untuk kasus Moves dan Hello, dua aplikasi ini terkesan jalan di tempat setelah diakuisisi atau diluncurkan oleh Facebook. Pengembangan Hello justru sudah terhenti hanya dalam waktu empat bulan setelah debutnya.
 
Akan halnya tbh, jejaring sosial yang memberikan anonimitas pada penggunanya ini sebenarnya masih terus diperbarui, dan belakangan ikut ditambahi fitur messaging.
 
Namun, itupun rupanya masih belum mampu menarik peminat dari kalangan pelajar sekolah yang disasar oleh tbh.

Baca juga: Facebook Ingin Beli Hak Siar Liga Primer Inggris

 
Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (4/7/2018), Facebook berencana menghapus data-data pengguna di tiga layanan online tersebut dalam waktu 90 hari ke depan.



Close Ads X