Kompas.com - 03/07/2018, 15:34 WIB
Rumor iPhone X berwarna emas muncul di Twitter. Akun @VenyaGaskin1 yang pertama kali memerlihatkannya. Twitter.com/VenyaGaskin1Rumor iPhone X berwarna emas muncul di Twitter. Akun @VenyaGaskin1 yang pertama kali memerlihatkannya.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - September mendekat, bocoran mengenai iPhone anyar pun mulai banyak bermunculan. Salah satu yang terbaru berupa hasil benchmark Geekbench yang disinyalir merupakan milik iPhone X edisi tahun ini.

Screenshot laman hasil uji yang bersangkutan menampilkan bahwa iPhone X 2018 ditenagai chip baru bernama A12 yang memiliki 6 buah core CPU (hexa-core).

Dibandingkan chip A11 di iPhone X edisi tahun lalu, chip A12 dibekali cache L1 lebih besar, yakni 128 KB. Frekuensi kerjanya juga lebih tinggi di angka 2,49 GHz. Chip A11 diketahui memiliki cache L1 32 KB dan frekuensi 2,39 GHz.

Turut dicantumkan bahwa iPhone X 2018 datang dengan RAM berkapasitas 4 GB, lebih besar dibandingkan iPhone X edisi tahun lalu yang sebesar 2 GB. Untuk sistem operasi digunakan iOS 12 terbaru.

Bocoran benchmark Geekbench yang disinyalir memperlihatkan spesifikasi iPhone X.Geekbench Bocoran benchmark Geekbench yang disinyalir memperlihatkan spesifikasi iPhone X.

Skor CPU Geekbench iPhone X 2018 sebesar 4.673 poin untuk uji single core dan 10.912 poin untuk uji multi-core terkesan tak berbeda jauh dari kinerja iPhone X tahun lalu. Namun, pencapaian ini mungkin bisa berubah setelah Apple menerapkan optimalisasi untuk sang perangkat.

Perbedaan yang paling kentara dalam hal performa chip A11 dan A12, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (3/7/2018), adalah dari sisi GPU. Chip A12 mencatat skor uji grafis Metal sebesar 21.691 poin, berbanding 15.005 untuk A11.

Baca juga: Begini Tampang iPhone X Kalau Pakai 3 Kamera Belakang

Apple diperkirakan bakal memperkenalkan iPhone X dalam acara yang digelar pada bulan September seperti biasa. Di sana, pabrikan gadget berlambang buah apel tergigit ini diperkirakan akan menjabarkan chip A12 secara detil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmochina
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.