Cara Kirim Pesan WhatsApp ke Nomor yang Belum Tersimpan Tanpa Buka Aplikasi

Kompas.com - 03/07/2018, 17:11 WIB
Ilustrasi WhatsApp. IstIlustrasi WhatsApp.

KOMPAS.com - Tidak banyak orang mau menyimpan nomor-nomor kontak baru di smartphone, untuk sekadar mengirim pesan di WhatsApp. Terutama bagi mereka yang pekerjaannya mengharuskan berkomunikasi dengan banyak orang baru secara berkala.

Sebab, tanpa menyimpannya di perangkat, nomor tujuan tidak akan muncul di kontak, meski terdaftar sebagai pengguna WhatsApp.

Biasanya, pengguna akan mengakalinya dengan mencomot nomor dari grup yang sama-sama diikuti. Tapi, bagaimana jika nomor baru tersebut tidak masuk di grup yang sama?

Beberapa waktu lalu, WhatsApp menguji coba domain baru yakni "wa.me" di pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.18.138. Domain ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan tanpa harus menyimpan nomor pengguna WhatsApp lain.

Di browser ponsel

Caranya, ketik domain "wa.me/" di browser smartphone, diikuti nomor tujuan dengan menyertakan nomor kode negara pada browser. Misalnya, "wa.me/62876543210" (tanpa tanda kutip), maka pengguna akan dibawa ke tautan pendek api.whatsapp.com.

Selanjutnya, ketuk "Message" atau "pesan" di kotak dialog bewarna hijau untuk langsung menuju jendela percakapan. Beberapa pengguna yang dijumpai KompasTekno mesti mencobanya 2-3 kali hingga browser mobile di Android menampilkan tombol Message.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur domain WhatsApp di smartphone Android (kiri) dan WhatsApp versi web (kanan).Kompas.com Fitur domain WhatsApp di smartphone Android (kiri) dan WhatsApp versi web (kanan).

Setiap kali pengguna menggunakan domain tersebut, WhatsApp akan mengecek apakah nomor tujuan pengguna sudah terdaftar sebagai pengguna WhatsApp atau tidak.

Jika nomor tersebut belum terdaftar sebagai pengguna WhatsApp, maka akan muncul notifikasi jika nomor tersebut belum terdaftar di WhatsApp.

Sejauh ini, fitur ini baru bisa dicoba di platform Android. Saat dicoba di perangkat iOS, pengguna akan diarahakan ke App Store untuk mengunduh aplikasi WhatsApp.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.