"Bug" di Facebook Bikin Pengguna Tanpa Sadar Buka Blokir - Kompas.com

"Bug" di Facebook Bikin Pengguna Tanpa Sadar Buka Blokir

Kompas.com - 04/07/2018, 07:13 WIB
Bug di Facebook buka blokir daftar blok.Facebook Bug di Facebook buka blokir daftar blok.

KOMPAS.com - Ada alasan khusus mengapa seseorang memblok orang lain di Facebook. Bisa saja karena hubungan keduanya sudah renggang, atau si A menilai konten-konten si B menyebalkan.

Ketika Anda memblokir seseorang di Facebook, maka orang itu akan lenyap dari kehidupan maya Anda. Ia tak bisa melihat atau merespons unggahan Anda, baik berupa teks, foto, maupun video.

Namun, baru-baru ini ditemukan celah (bug) pada Facebook yang membuat fitur blokir jadi rancu. Sebanyak 800.000 pengguna secara otomatis dan tanpa sadar membuka blokir atas orang-orang yang tadinya mereka blok.

Bug ini aktif selama hampir sepekan, tepatnya pada 29 Mei hingga 5 Juni 2018. Facebook sesumbar telah memangkas bug ini dan meminta maaf ke seluruh pengguna.

“Orang-orang yang terkena dampak bug ini akan diberi notifikasi untuk mengecek kembali daftar blokir mereka,” begitu tertulis pada situs resmi Facebook Newsroom, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (4/7/2018).

Facebook juga menjelaskan secara rinci seperti apa dampak yang disebabkan bug pembuka blokir ini. Raksasa teknologi itu menegaskan, bug ini tak mengembalikan koneksi teman yang telah terputus.

Diketahui, jika si A berteman dengan si B di Facebook lantas si A memblokir si B, maka si B otomatis tak lagi jadi teman si A (unfriend). Dalam kasus ini, meski bug sempat membuka blokir si B, tak berarti si B kembali masuk daftar teman si A.

Baca juga: Bug di Facebook Bikin Foto Privat Pengguna Tersebar ke Publik

Facebook juga berdalih 83 persen pengguna yang terkena dampak bug ini cuma membuka satu daftar blokirnya. Terakhir, meski blokir sempat terbuka, seseorang yang diblokir tetap tak bisa mengirim pesan via Messenger ke orang yang memblokir.

Cek akun Facebook Anda sekarang juga untuk melihat apakah Anda menerima notifikasi atau tidak.

Baca juga: 1 Juta Akun Facebook di Indonesia Bocor, Ini Link untuk Mengeceknya


Komentar
Close Ads X