Google Maps Bakal Adopsi Fitur Waze

Kompas.com - 04/07/2018, 08:41 WIB
Pengemudi menggunakan Google Maps saat berkendara.Ist Pengemudi menggunakan Google Maps saat berkendara.

KOMPAS.com - Salah satu keunggulan yang dimiliki Waze adalah adanya fitur laporan kondisi lalu lintas yang memungkinkan interaksi antar-pengguna (crowdsourcing). Fitur ini sepertinya akan segera ditemukan juga pada Google Maps

Fungsi laporan ini diketahui telah dapat ditemukan di beberapa pengguna Google Maps. Selayaknya Waze, dalam laporan tersebut, pengguna bisa menginformasikan adanya kecelakaan, razia polisi, atau penutupan jalan.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Rabu (4/7/2018), fitur ini masih dalam tahap uji coba. Pasalnya belum semua pengguna mendapat fitur ini secara merata.

Namun kabarnya, Google telah mulai melakukan uji coba ini sejak beberapa waktu belakangan. Jika fitur ini sudah siap, maka tidak menutup kemungkinan akan segera diluncurkan dalam pembaruan software dalam waktu dekat.

Waze sendiri sejatinya juga dimiliki oleh Google sejak diakuisisi pada 2013 lalu. Kendati fungsinya serupa, Waze dinilai lebih akurat dan memiliki fitur yang lebih beragam ketimbang Google Maps, salah satunya adalah fitur laporan ini.

Baca Juga: Membandingkan Google Maps dengan Waze, Mana Lebih Baik?

Karena mengusung konsep crowdsourcing, detail rute Waze jadi lebih real-time ketimbang Google. Artinya dengan mengandalkan informasi yang diberikan sesama pengguna, kondisi lalu lintas yang ditampilkan oleh Waze lebih relevan.

Berbeda dengan Google, Waze hanya menampilkan rute bagi pengendara mobil dan motor. Waze pun dilengkapi opsi navigasi suara yang lebih banyak ketimbang Google Maps bahkan kini aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan Spotify.

Namun, detail rute di Google Maps lebih kaya informasi seperti ATM, tempat ibadah, rest area, restauran, dll. Jika Waze terintegrasi dengan Spotify, Google Maps memiliki kemampuan Street View dan Sattelite sehingga lebih memudahkan pengguna untuk menemukan lokasi.

Akurasi Waze dan Google Maps tak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun Waze memang lebih unggul dengan adanya fitur laporan kondisi lalu lintas ini. Nah, jika fitur ini sudah dirilis di Google Maps, mana yang akan Anda gunakan, Waze atau GMaps?

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X