Melihat Tingkat Kecanduan Warga Singapura terhadap Gadget

Kompas.com - 04/07/2018, 14:19 WIB
Ilustrasi smartphone ShutterstockIlustrasi smartphone

KOMPAS.com - Lebih dari separuh warga Singapura mengaku tidak bisa lepas dari smartphone meski itu hanya sehari saja. Setidaknya begitu isi laporan State of Digital Lifestyle dari Limelight Networks.

Selain Singapura, riset ini melibatkan responden dari sembilan negara yang akan menanyakan bagaimana interaksi mereka dengan digital media dan pengaruh teknologi bagi kehidupan mereka.

Hasilnya, sebanyak 83 persen warga Singapura berpendapat jika teknologi digital memiliki dampak positif bagi kehidupan mereka.

Perangkat pertama yang paling berpengaruh bagi warga Singapura adalah smartphone, di mana 58 persen warga Singapura mengaku sangat kecanduan dengan perangkat tersebut.

Komputer desktop dan laptop menjadi perangkat kedua terfavorit, di mana 36 persen warga tidak bisa lepas dari perangkat itu bahkan cuma sehari.

Sementara untuk perangkat asisten digital, seperti Amazon Echo dan Google Home, baru dimiliki 14 persen warga Singapura.

Dari jumlah tersebut, hanya 35 persen pemilik asisten digital yang sepenuhnya percaya untuk mendapatkan informasi yang diberikan, seperi cuaca, berita dan penelitian.

Sementara sepertiga atau 28 persennya, lebih percaya terhadap asisten digital untuk belanja online dan hanya 24 persen yang mempercayakan perangkat tersebut untuk home automation.

Tingginya tingkat konsumsi teknologi digital di Singapura dibarengi dengan kewaspadaan akan tingkat kemanan yang tinggi pula. Secara global, penduduk Singapura menitikberatkan kewaspadaan terhadap keamanan dan potensi peretasan di perangkat asisten digital, yakni sebesar 51 persen.

Diikuti tingkat kewaspadaan perangkat keamanan, produk home automation 42 persen, serta perangkat pelacak kesehatan dan olahraga denga tingkat kewaspadaan 30 persen. Konsumsi digital yang tinggi juga memengaruhi media di sektor hiburan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.