SD Express, Format SD Card Baru Berkecepatan 984 MB per Detik

Kompas.com - 04/07/2018, 15:01 WIB
Ilustrasi SDUC PetaPixelIlustrasi SDUC

KOMPAS.com - Asosisasi Secure Digital (SD) telah merilis format memori baru yang membuat kartu memori secure digital (SD)  memiliki kecepatan transfer data setara dengan solid state drive (SSD).

Format yang dimaksud telah dirilis dengan nama SD Express untuk teknologi yang merujuk pada transfer data berkecepatan tinggi dan Ultra Capacity (UC) yang merujuk pada peningkatan daya tampung kartu memori.

SD Express yang memiliki kecepatan transfer maksimal 985 megabyte per detik atau 1,58 kali lebih cepat dibanding standar kartu memori UHS-III yang sudah ada saat ini.

Adapun kecepatan standar kartu memori UHS-III saat ini mencapai 624 megabyte per detik dan dicapai dengan mengombinasikan standar UHS-I, UHS-II serta High Speed.

“SD Express ini menawarkan kartu memori di level baru dengan protokol yang lebih cepat dan mengubah kartu memori menjadi SSD,” terang President SDA, Hiroyuki Sakamoto sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Rabu (4/7/2018),.

Sementara itu standar Ultra Capacity (UC) yang juga diumumkan bersamaan, memberikan peningkatan daya tampung kartu memori hingga mencapai 128 TB atau 64 kali lipat dari standar Secure Digital Extended Capacity (SDXC) terdahulu.

Kapasitas super besar dan kecepatan transfer tinggi ini akan beramnfaat bagi para pekerja kreatif, di antaranya fotografer serta videografer, yang bekerja memakai data resolusi tinggi yagn berukuran sangat besar.

Misalnya dalam hal pekemanan video 4K serta 8K, saat memakai mode burst pada kamera, serta saat memakai kamera 360 derajat.

Baca juga: 4 Langkah Bersih-bersih Memori Smartphone Android yang Kepenuhan

Namun belum diketahui kapan kartu memori yang mengusung standar baru ini dirilis ke pasar.

Sebelumnya, SansDisk juga sempat mengumumkan kartu memori SDXC dengan kapasitas mencapai 1 TB pada 2016 silam. Tetapi hingga sekarang kartu memori tersebut belum muncul sehingga kapasitas terbesar di pasar adalah 512 GB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber PetaPixel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X