Stylus Galaxy Note 9 Punya Koneksi Bluetooth?

Kompas.com - 04/07/2018, 16:36 WIB
Galaxy Note 8 beseta stylus S Pen yang ujungnya kini didesain lebih kecil dan tajam. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comGalaxy Note 8 beseta stylus S Pen yang ujungnya kini didesain lebih kecil dan tajam.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Smartphone Galaxy Note 9 dari Samsung yang bakal meluncur bulan depan disinyalir akan mengusung pena digital ( stylus) S Pen lebih canggih, yakni dengan konektivitas wireless berbasis Bluetooth.

Indikasinya ada di situs otoritas telekomunikasi Amerika Serikat, Federal Communications Commission (FCC), yang belakangan menampilkan dokumentasi untuk perangkat nirkabel berkode "EJ-PN960".

Sang perangkat dideskripsikan sebagai "pena stylus". Lalu, dari akhiran angka "960" dalam kodenya, bisa diduga bahwa ia tak lain merupakan stylus pelengkap Galaxy Note 9 yang diketahui berkode SM-N960.

Lalu, untuk apa konektivitas bluetooth pada stylus Galaxy Note 9? Dokumen FCC tak menerangkan skenario penggunaan perangkat dimaksud sehingga memunculkan berbagai spekulasi di internet.

Baca juga: Samsung Pastikan Tanggal Peluncuran Galaxy Note 9

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Rabu (4/7/2018), ada yang menduga bahwa S Pen Galaxy Note 9 bakal bisa digunakan mengontrol musik dari jauh. Ada juga yang berharap tombol tipis yang biasanya hadir di sisi S Pen bakal bisa dipakai sebagai remote untuk menjepret kamera.

Pena digital milik seri Galaxy Note model sebelumnya sendiri selama ini menggunakan model penyaluran daya secara induktif, sehingga tak membutuhkan baterai.

Apabila benar-benar menerapkan Bluetooth untuk operasi nirkabel dari kejauhan, maka sang pena S Pen milik Galaxy Note 9 kemungkinan bakal butuh semacam baterai internal.

Benarkah demikian? Jawabannya bakal diketahui dalam waktu kurang lebih sebulan ke depan. Samsung bakal memperkenalkan Galaxy Note 9 pada sebuah acara tanggal 9 Agustus mendatang di New York, Amerika Serikat.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X