Ini Hasil Pertemuan Tik Tok dengan Kominfo

Kompas.com - 04/07/2018, 18:23 WIB
Menkominfo Rudiantara (kiri) dengan Zhen Liu, SVP Bytedance (perusahaan induk TikTok) di kantor Kominfo, Rabu (4/7/2018). KOMPAS.com/Fatimah Kartini BohangMenkominfo Rudiantara (kiri) dengan Zhen Liu, SVP Bytedance (perusahaan induk TikTok) di kantor Kominfo, Rabu (4/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim manajemen Tik Tok menyambangi kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) di Medan Merdeka, Jakarta, pada hari ini, Rabu (4/7/2018) sore.

Mereka adalah SVP Bytedance (perusahaan induk Tik Tok), Zhen Liu; SVP dan CEO Tik Tok, Kelly Zhang; Head of Legal Tik Tok, Yujie Chang; serta Head of Public Policy Tik Tok, Jia He. Kunjungan ini menyusul pemblokiran layanan berbagi video tersebut di Tanah Air sejak Selasa (4/7/2018) sore kemarin.

Dalam pertemuan yang berlangsung sejak puluk 16.30 hingga 17.30 WIB, Kominfo memberikan syarat bagi Tik Tok untuk beroperasi di Indonesia. Jika syarat itu dipenuhi, Kominfo sesumbar akan membuka blokir segera setelah pergantian hari ini.

"Mereka (tim Tik Tok) bilang sudah membersihkan konten-konten negatifnya. Kami cek dulu nanti malam. Kalau benar, nggak perlu tunggu sampai besok pagi, nanti tengah malam pas pergantian hari kami akan buka blokirnya," kata Menkominfo, Rudiantara.

Menteri yang kerap disapa Chief RA tersebut mengapresiasi respons cepat dari Tik Tok. Menurut dia, yang terpenting adalah komitmen Tik Tok untuk memberantas konten negatif agar aman diakses masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kominfo Bakal Buka Blokir Tik Tok, Ini Syaratnya

"Kami juga minta komitmen mereka untuk menyaring konten-konten yang akan datang," ujarnya.

Buka kantor di Indonesia

Lebih lanjut, Rudiantara juga menganjurkan Tik Tok untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia. Tujuannya agar komunikasi dengan pemerintah bisa lebih cepat ketika ada hal-hal seperti ini.

Aplikasi Tik Tok di Google Play StorePlay Store Aplikasi Tik Tok di Google Play Store
SVP Bytedance, Zhen Liu, menyanggupi syarat-syarat yang diberikan pemerintah. Ia mengatakan Tik Tok akan terus berupaya menjadi platform yanh inspiratif dan membawa dampak positif.

"Hari ini diskusi kami sangat positif dengan Kominfo. Kami mengindikasikan komitmen kami menjadi penyedia konten terbaik bagi masyarakat," kata dia.

"Ini hanya awal dari jalinan hubungan kami dengan para pemangku kebijakan. Kami akan terus menjalin hubungan dengan pemerintah dan para NGO," ia memungkasi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X