Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel "Android Go" Samsung Tak Pakai Android Murni

Kompas.com - 05/07/2018, 07:13 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung sebelumnya dikabarkan tengah melakukan uji coba ponsel teranyarnya, yang mengusung konsep Android Go. Ponsel low-end ini dikabarkan segera dirilis dalam waktu dekat.

Namun sebuah bocoran yang beredar mengindikasikan bahwa ponsel Android Go buatan Samsung ini tak akan mengusung konsep Android Go seutuhnya. Bagainana bisa?

Dalam bocoran yang terungkap di halaman Sammobile, terlihat bahwa ponsel ini tidak menggunakan sistem operasi Android murni, melainkan telah dipoles dengan software antarmuka (UI) Samsung yang khas.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (5/7/2018), Samsung sendiri memang tak pernah menjanjikan akan mengusung Andorid murni pada perangkat Android Go-nya. Sehingga bocoran itu mengindikasikan bahwa Samsung ingin terus memertahankan ciri khas antarmuka ponselnya, yadi setiap perangkat.

Kendati begitu, Samsung belum memberi komentar terkait bocoran ini. Namun perlu diingat bahwa sejatinya konsep Android Go bukan sekadar pada tampilan atau UI sistem operasi yang diusung, melainkan pada kemampuan sistem operasi tersebut dalam memaksimalkan penggunaan RAM dan spesifikasi yang rendah.

Baca juga: Apa Beda Proyek Ponsel Murah Android One dan Android Go?

Alhasil, apapun sentuhan yang bakal diberikan Samsung pada perangkatnya, tak akan mengurangi esensi dari Android Go tersebut. Yang terpenting perangkat itu bisa menjalankan aplikasi terkini meski dengan spesifikasi rendah.

Perangkat Android Go milik Samsung sendiri dilabeli dengan nama kode “SM-J260G”. Ponsel itu digadang-gadang akan hadir sebagai “Samsung Galaxy J2 Core”.

Kabarnya, ponsel ini akan dijual di pasaran terbatas, antara lain di India, Nepal, Bangladesh, dan Sri Lanka. Belum jelas apakah Indonesia akan menjadi negara sasaran juga atau tidak.

Berdasarkan bocoran benchmark, SM-J260G ini hadir dengan prosesor berkode “Universal7570_Go”. Kapasitas RAM-nya 1 GB dan sistem operasinya berbasis Android Oreo 8.1.

Android Go sendiri merupakan sistem operasi yang ditujukan untuk perangkat low-end. Sesuai fungsinya, meski sudah berbasis Oreo, sistem operasi ini didesain untuk berjalan optimal pada smartphone dengan RAM 512 MB atau  1 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com