Kabel Serat Optik Ini Pernah Deteksi Gempa di Indonesia

Kompas.com - 05/07/2018, 19:11 WIB
Peneliti GFZ sedang menguji coba reaksi kabel optik dan seismometer di salah satu wilayah Eslandia GFZ via DWPeneliti GFZ sedang menguji coba reaksi kabel optik dan seismometer di salah satu wilayah Eslandia

KOMPAS.com - Sekelompok peneliti internasional berhasil menggunakan kabel serat optik untuk melacak aktivitas seismik. Kabel serat optik yang digunakan merupakan kabel yang sama, yang tertanam di bawah tanah, untuk mengalirkan koneksi internet dan layanan televisi.

Seperti seismometer, para peneliti mengklaim jika kabel internet juga memiliki sensitivitas terhadap guncangan di bawah tanah.

Penelitian yang dikepalai oleh Dr. Philippe Jousset dari pusat penelitian geosains Jerman (GFZ Helmholtz Centre Potsdam) ini, menggunakan kabel serat optik sepanjang 15 kilometer.

Kabel tersebut telah dipasang di antara dua pembangkit tenaga listrik geothermal di Islandia sejak 1994. Getaran laser yang diturunkan ke serat kabel tunggal, cukup untuk menentukan apakah terdapat gangguan di sepanjang bentangan kabel atau tidak.

Para peneliti melakukan perekaman aktivitas ketika tanah bergetar dan menyebabkan kabel renggang atau terkompresi. 

Merekam gempa Indonesia

Adapun beberapa aktivitas yang mereka rekam adalah trafik lokal, goncangan seismik, dan para pejalan kaki yang melintas. Kabel itu juga bisa menangkap sinyal dari kekuatan gempa besar yang pernah terjadi di Indonesia.

Namun Dr. Jousset tidak menerangkan lebih lanjut, gempa di Indonesia yang mana yang terbaca oleh teknologi yang dikembangkannya.

Baca juga: Ilmuwan Kembangkan Teknologi Cahaya Pengganti Serat Optik

"Pada awalnya, kami tidak tahu apa yang bisa kami rekam. Tapi kami bisa mendeteksi gempa dari kejauhan," jelas Dr. Jousset, seperti KompasTekno kutip dari BBC, Kamis (5/7/2018).

Dr. Jousset sesumbar jika teknik yang ia ciptakan bersama timnya, hampir setara dengan seismometer. Sayangnya, teknik ini belum siap digunakan lebih luas lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X