Kompas.com - 06/07/2018, 20:21 WIB
Logo Apple dan Intel VentureBeatLogo Apple dan Intel

KOMPAS.com - Sejak perseturannya dengan Qualcomm, Apple disebut akan menggandeng Intel untuk memproduksi chip 5G untuk iPhone generasi mendatang. Namun sepertinya, hal tersebut batal terwujud.

Kabarnya, Apple telah mengajukan pernyataan jika perusahaan asal Cupertino, AS tersebut memilih bercerai, tidak akan menggunakan chip modem 5G buatan Intel untuk lini iPhone tahun 2020.

Akibatnya, Intel disebut menghentikan pengembangan modem 5G yang memiliki kode nama "Sunny Peak".

Padahal jika duet tersebut terwujud, Apple digadang menjadi konsumen modem terbesar Intel.
Sebab itulah Intel sangat serius mengembangkan rencana produk modem 5G demi menyajikan modem 5G berkualitas di lini iPhone 2020.

Kepada The Verge yang dirangkum KompasTekno, Jumat (6/7/2018), perwakilan Intel memberikan respons bahwa tidak ada perubahan perjanjian dengan pelanggan dan rencana proyek mereka pada tahun 2018 hingga 2020.

Baca juga: Depak Qualcomm, Apple Gandeng Intel Bikin Modem 5G iPhone

"Kami tetap berkomitmen untuk rencana dan proyek 5G", klaim pihak Intel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bulan lalu, Bloomberg sempat melaporkan tentang indikasi pembatalan ini. Salah satu analis bernama Gus Richard mengklaim bahwa Apple tak akan menunjuk Intel sebagai pemasok modem 5G, dan mengalihkannya ke MediaTek.

Apple sepertinya benar-benar ingin lepas dari Intel. Pasalnya, tahun lalu Apple juga dikabarkan siap mendepak Intel untuk produksi chip di lini Mac tahun 2020. Apple memang tengah mengembangkan konektivitas 5G utuk lini iPhone 2020 atau setelahnya.

Namun siapa yang akan menjadi produsen chip modem 5G, agaknya masih menjadi pertanyaan besar, jika memang kabar didepaknya Intel dari proyek ini benar.

Ada kemungkinan Apple akan banting setir untuk membuat chip modem untuk lini iPhone sendiri, seperti keputusan membuat chip sendiri untuk lini laptop Mac mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.