Kompas.com - 08/07/2018, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda pengguna Xbox One sebaiknya segeralah perbarui sistem konsol Anda. Pasalnya Microsoft merilis pembaruan yang membuat konsol bisa mengunduh game dua kali lipat lebih cepat dari biasanya. 

Pembaruan ini membawa fitur bernama FastStart. Fitur ini bisa mengidentifikasi dan mempriortiaskan filte tertentu yang diperlukan untuk mulai memainkan sebuah game. Sehingga file-file yang tidak begitu diperlukan akan diunduh belakangan.

"Proses mengunduh akan jauh lebih cepat dan Anda bisa sesegera mungkin memainkan permainan yang Anda unduh dua kali lebih cepat," tulis Microsoft sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Minggu (8/7/2018).

Fitur FastStart ini pertama kali diperkenalkan pada ajang E3 beberapa waktu lalu. Agar fitur ini bisa berjalan lebih efektif, pengguna setidaknya harus memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimum 20Mbps.

Nantinya, file yang tidak begitu diperlukan akan dapat diunduh sambil game tersebut dimainkan. Sehingga pengguna tak perlu menunggu waktu lama untuk memainkan game favoritnya.

Baca juga: Seperti Apa Xbox yang Bakal Dirilis 2020 Mendatang?

Meski begitu pengguna akan tetap diberitahu lewat pesan atau notifikasi file apa saja yang telah diunduh agar game tersebut bisa terus berjalan. 


Sayangnya fitur ini tidak bisa digunakan untuk sembarang game. FastStart hanya bisa digunakan untuk game tertentu yang telah ditentukan oleh Microsoft.

Saat ini FastStart baru tersedia dan dapat digunakan untuk game yang bisa diunduh lewat Xbox Game Pass. Kendati demikian, Microsoft menjanjikan fitur ini akan dapat digunakan untuk judul game yang lebih banyak lagi.

Fitur ini dirilis tak lain untuk dapat bersaing dengan kompetitornya yakni PlayStation yang semakin berjaya dengan PlayStation Network-nya. PlayStation dan Xbox memang memiliki basis penggemar dengan wilayah yang berbeda.

 
PlayStation memiliki basis pengguna yang sangat besar di kawasan Asia sedangkan Xbox lebih besar jumlah penggunanya di Benua Biru. Namun Microsoft menegaskan fitur ini akan dirilis secara global tanpa batasan wilayah. Selain itu FastStart juga diharapkan dapat mendongkrak jumlah pembelian game secara virtual. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.