Lima Penyebab Smartphone "Lemot" dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 10/07/2018, 10:57 WIB
Sebaiknya rutin membersihkan cache dan aplikasi tak berguna dari smartphone. AndroidAuthoritySebaiknya rutin membersihkan cache dan aplikasi tak berguna dari smartphone.

KOMPAS.com - Seiring bertambah usia smartphone, performanya pun bakal berangsur menurun. Di saat bersamaan, Anda mungkin belum punya anggaran untuk mengganti ke model yang lebih baru.

Untuk itu, ada baiknya mengetahui penyebab smartphone melambat dan bagaimana cara mencegahnya. Ada lima perkara umum yang mengkin menjadi biang keladi di balik smartphone yang berubah menjadi lemot.

Selengkapnya, ikuti penjabaran yang dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Selasa (10/7/2018) berikut ini, siapa tahu bisa membantu.

1. Aplikasi "background"

Pengguna smartphone kerap impulsif mengunduh aplikasi yang hanya dipakai sekali-sekali, untuk tak menyebut satu kali. Aplikasi-aplikasi itu kemudian dibiarkan menumpuk, ada juga yang senantiasa berjalan di latar belakang.

Padahal, smartphone memiliki sumber daya (RAM, CPU, dll) yang terbatas. Anda harus cerdas dan berhitung untuk menetapkan prioritas aplikasi yang perlu disimpan.

Ketika Android P meluncur nanti, masalah ini akan lebih mudah teratasi dengan fitur “Background Execution Limits”. Namun, semabari menunggu sistem operasi tersebut, Anda bisa mencoba lebih rajin bersih-bersih aplikasi tak berguna.

Luangkan sedikit waktu untuk bertandang ke pengaturan dan opsi pemeliharaan (maintanance) pada masing-masing ponsel. Anda bisa melihat aplikasi-aplikasi mana saja yang menggerogoti memori dan baterai Anda, lantas lakukan pembersihan.

2. Memori penuh

Kecepatan memori internal akan berkurang seiring banyaknya file yang Anda simpan. Bisa jadi dari backlog aplikasi, foto dan video yang tak dihapus bertahun-tahun, atau cache yang tak terlihat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X