Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone X dan iPhone SE Tak Lagi Dilanjutkan Apple?

Kompas.com - 11/07/2018, 15:06 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Barrons

KOMPAS.com - Demi memenuhi target penjualan, Apple diprediksi akan menghentikan produksi iPhone X dan iPhone SE agar fokus pada tiga iPhone teranyar yang akan dirilis tahun ini. Prediksi ini dikemukakan oleh firma analis pasar, BlueFin. 

Menurut analis John Donovan dan Steve Mullane dari BlueFin, tahun ini Apple memang mencatatkan penjualan yang tak begitu signifikan. Namun keduanya tidak menyebutkan apa penyebab utamanya.

"Meskipun ada kecemasan soal peluncuran perangkat terbaru di September 2018 ini, satu benang merah yang terus kami temukan adalah kurangnya perhatian untuk permintaan secara keseluruhan untuk tahun 2018-2019," tulis para analis, dikutip KompasTekno dari Barrons, Rabu (11/7/2018).

Kedua analis ini menilai bahwa tahun 2019 sejaitnya memiliki potensi yang sangat besar untuk Apple. Perusahaan harus bisa memanfaatkan potensi ini agar bisa mencapai target penjualan.

Baca juga: Beredar Video Hands-on ?iPhone X Plus? dan ?iPhone 9?

Bicara soal target, dikutip dari GSM Arena, Apple dikabarkan memasang angka 91 juta unit sebagai target penjualan hingga akhir tahun ini. Di tahun berikutnya angka ini akan dinaikkan menjadi 92 unit hingga akhir 2019.

Jika strategi bisnis dengan menghentikan produksi iPhone X dan iPhone SE ini benar dilakukan, para analis memprediksi tiga ponsel teranyar yang dirilis tahun ini akan mencapai target penjualan di tahun mendatang.

BlueFin memprediksi Apple akan bisa mencapai target penjualan sebanyak kurang lebih 20 juta unit tiga ponsel barunya di kuartal ketiga 2018, dan kemudian meningkat di kuartal empat 2018 menjadi sekitar 60 juta unit.

Pada kuartal pertama 2019, Apple diprediksi dapat menjual sekitar 45 juta unit dan sedikit menurun di kuartal kedua dengan penjualan sekitar 40 juta unit. Penurunan ini diprediksi karena siklus bisnis yang alami.

Kendati demikian, ini baru berupa analisis dari para ahli semata dan semua keputusan bisnis sepenuhnya berada di tangan Apple.

Baca juga: iPhone Ternyata Bisa Jadi Indikator Penghasilan Seseorang

Apple pun dikabarkan akan merilis beberapa ponsel teranyar di tahun ini. Ponsel tersebut diprediksi adalah iPhone 9, iPhone 11 dan iPhone 11 Plus. Salah satu di antaranya akan dibanderol dengan harga lebih murah karena mengusung panel LCD, bukan OLED.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Barrons
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com