5 Aplikasi untuk Mempermudah Memotret Pemandangan - Kompas.com

5 Aplikasi untuk Mempermudah Memotret Pemandangan

Kompas.com - 11/07/2018, 20:33 WIB
Flip screen Fujifilm X-T2 bias ditekuk dalam orientasi landscape seperti biasa.Oik Yusuf/ KOMPAS.com Flip screen Fujifilm X-T2 bias ditekuk dalam orientasi landscape seperti biasa.

KOMPAS.com - Fotografi landscape (pemandangan) bisa dibilang salah satu genre yang cukup rumit. Apalagi genre ini menuntut pelakunya untuk keluar ke alam terbuka di tengah kondisi alam yang sering berubah, baik dari masalah cuaca hingga soal posisi matahari yang menentukan pencahayaan suatu lokasi.

Sebagai antisipasi hal itu, Anda bisa melakukan perencanaan yang matang dan rinci. Perencanaan ini pun bisa dibuat dengan mudah. Setidaknya Anda bisa melakukannya dengan hanya bermodal smartphone serta aplikasi-aplikasi tertentu.

Ada lima aplikasi yang kami sarankan untuk dipasang di smartphone sebagai alat bantu perencanaan sesi fotografi landscape. Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Rabu (11/7/2018), berikut ini aplikasi yang kami maksud.

1. Photo Pills

Aplikasi yang satu ini bisa dibilang terlengkap untuk memenuhi kebutuhan perencanaan fotografi landscape. Informasi yang disajikannya lengkap, misalnya soal posisi matahari dan bulan di waktu-waktu tertentu dan fitur augmented reality (AR) untuk melihat posisi benda-benda langit.

Selain itu, PhotoPills juga bisa membantu memperhitungkan eksposur, depth of field, serta memperhitungkan parameter yang diperlukan untuk membuat foto time-lapse.

Semua rencana yang sudah Anda buat di PhotoPills pun bisa disimpan atau dibagikan ke orang lain. Ditambah lagi aplikasi ini tersedia baik di Android maupun iOS.

Hanya saja Anda harus mengeluarkan modal untuk memakainya. Pengguna mesti merogoh kocek senilai Rp 149.000 agar bisa mengunduh aplikasi ini ke smartphone-nya.

Klik tautan berikut ini untuk mengunduh PhotoPills di Android dan tautan ini untuk mengunduhnya di iOS.

2. Weather & Radar

Aplikasi prakiraan cuaca diperlukan untuk mengetahui apakah lokasi pemotretan kemungkinan hujan, angin, kecerahan, durasi, berapa suhu dan peringatan apa yang ada di sana. Nah, salah satu aplikasi yang bakal membantu mengetahui informasi tersebut adalah Weather & Radar ini.

Di dalamnya, Anda akan menemukan informasi yang cukup akurat mengenai kondisi-kondisi tersebut pada hari ini, per jam, atau prakiraan selama 8 hari mendatang. Menariknya lagi, Anda bisa mengecek informasi cuaca dari berbagai belahan dunia.

Hal ini dapat membantu Anda menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, sekaligus kondisi cahaya di sana. Misalnya ketika menentukan tipe bodi kamera serta lensa yang harus dibawa, memprediksi cahaya senja yang lembut karena tersaring awan, atau saat mencari kondisi ketika lokasi cerah tanpa awan sama sekali.

Klik tautan berikut ini untuk mengunduh Weather & Radar di Android, atau tautan ini untuk mengunduhnya di iOS.

3. Light Polution Maps

Aplikasi ini menampilkan peta area-area mana yang masih gelap tanpa terpengaruh polusi cahaya perkotaan, serta area mana yang sudah dipenuhi polusi cahaya.

Memang tidak setiap pemotretan landscape membutuhkan informasi soal polusi cahaya. Tapi aplikasi ini akan berguna terutama jika Anda ingin mengamati benda langit, menatap rasi-rasi bintang, atau memotret Milky Way dan bintang-bintang. Pasalnya kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan jika langit benar-benar gelap.

Aplikasi ini tersedia gratis di Android maupun iOS. Namun dengan catatan, edisi gratis itu memiliki iklan, akurasi lebih rendah, serta tidak bisa menyimpan lokasi tertentu. Anda bisa memperbaruinya ke versi premium melalui in-app purchase untuk menghapus iklan dan mengakses seluruh fitur.

Klik tautan ini untuk mengunduh Light Polution Map di Android, atau tautan ini untuk mengunduhnya di iOS.

4. NiSi ND Calculator

Aplikasi ini dirancang untuk membantu Anda menentukan eksposur sebelum menjepret foto. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan nilai shutter speed yang ingin Anda pakai untuk memotret, lalu masukkan tipe ND filter yang akan dipasang ke moncong lensa.

Selanjutnya akan muncul perhitungan waktu yang diperlukan untuk mendapatkan eksposur yang sesuai, jika Anda memotret ketika ND filter terpasang.

Klik tautan ini untuk mengunduh NiSi Filters ND Calculator di Android, atau tautan ini untuk mengunduhnya di iOS.

5. Cascable

Aplikasi ini membuat Anda bisa mengubah smartphone atau tablet menjadi remote kamera. Anda dapat memasangkannya dengan kamera apa pun, asalkan kamera tersebut memiliki koneksi WiFi.

Selanjutnya, Cascable akan memberikan kemampuan untuk memindahkan foto, melihat foto di layar yang lebih besar, mengendalikan shutter, serta berbagai fitur lainnya.

Aplikasi ini memiliki kinerja yang lebih baik ketimbang aplikasi remote bawaan vendor. Anda bisa mengunduhnya secara gratis, tapi harus membayar jika ingin memakai fitur lengkapnya.

Untuk saat ini, Cascable hanya tersedia di iOS saja dan tidak untuk Android. Anda bisa mengunduhnya melalui tautan ini.



Close Ads X