Apple Ikut Bikin Smartphone Layar Tekuk? - Kompas.com

Apple Ikut Bikin Smartphone Layar Tekuk?

Kompas.com - 12/07/2018, 07:13 WIB
Paten Layar Lipat ApplePhone Arena Paten Layar Lipat Apple

KOMPAS.com - Bocaran sebuah paten teknologi yang baru saja diperoleh Apple mengindikasikan bahwa perusahaan asal Amerika Serikat itu juga berniat membuat smartphone layar tekuk.

Paten yang dimaksud bernomor US10,020,462 dan diatribusikan pada Jiang Ai, Erik A., serta Soyoung Kim. Apple mengajukan dokumennya pada 8 Juni 2016 lalu. Namun baru sekarang pengajuan tersebut disahkan oleh United States Patent and Trademark Offices (USPTO), dengan nama “Electronic Devices with Flexible Display”.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (12/7/2018), di dalamnya diilustrasikan teknologi yang memungkinkan Apple membuat smartphone layar lipat.

Caranya dengan memakai layar transparan yang bagian tengahnya memiliki, lekukan sehingga bisa ditekuk. Adapun ketika layar ditekuk, maka ada bagiannya yang otomatis akan menipis dan berpotensi merusak layar.

Apple menyadari hal ini dan paten yang dibuatnya juga telah mengilustrasikan konsep solusi. Bentuknya berupa penambahan material elastrometrik, cairan atau lainnya di celah pada bagian tengah lekukan layar.

Keberadaan paten teknologi layar tekuk ini sejalan dengan tren yang sedang dipantik oleh sejumlah perusahaan gadget, seperti Samsung, Huawei, dan LG. Masing-masing perusahan tersebut sama-sama diberitakan tengah menyiapkan smartphone layar lipat.

Apple sendiri memang sudah lama diperkirakan sedang menyiapkan teknologi layar lipat, kendati belum ada kepastian bahwa teknologi itu akan dipakai di iPhone atau iPad masa depan.

Sebelumnya, analis Merrill Lynch, Wamsi Mohan sempat memprediksi bahwa Apple akan membuat iPhone lipat pada 2020 mendatang. Bahkan pada 2017 lalu sempat beredar bocoran yang mengklaim Apple telah meminta LG memproduksi layar OLED serta papan sirkuit yang bisa dilipat.



Close Ads X