Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Siapkan Prosesor Hemat Daya untuk Laptop?

Kompas.com - 12/07/2018, 15:25 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber WCCF Tech


KOMPAS.com - Intel dikabarkan bakal merilis dua prosesor hemat daya baru berkode nama Whiskey Lake-U. Bocoran kedua produk yang merupakan generasi penerus dari seri prosesor Kaby Lake-R ini belakangan mengemuka di internet.

Nama resmi dari dua prosesor tersebut disinyalir merupakan Core i7-8565U dan Core i5-8265U. Sama dengan prosesor seri Kaby Lake sebelumnya, mereka dibuat dengan proses fabrikasi 14 nm.

Meski demikian, Whiskey Lake-U disebut memiliki frekuensi kerja turbo boost jauh lebih tinggi, mencapai 4,5 GHz. Angka tersebut lebih tinggi dari Kaby Lake-R sebesar 4 GHz, sambil tetap mempertahankan konsumsi daya di angka 15 watt (TDP).

Selain frekuensi kerja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WCCFTech, Kamis (12/7/2018), kapasitas cache L3 Whiskey Lake-U juga ditingkatkan dari sebelumnya 6 MB di Kaby Lake-R menjadi 8 MB (untuk Core i7-8565U).

Bocoran spesifikasi prosesor Intel dari keluarga Whiskey Lake-U.TWITTER/ @TUM_APISAK Bocoran spesifikasi prosesor Intel dari keluarga Whiskey Lake-U.

Core i7-8565U merupakan prosesor dengan empat inti CPU dan delapan thread. Base clock dipatok di angka 1,8 GHz, dengan kecepatan turbo boost 4,5 GHz. Ada juga pengolah grafis (GPU) terintegrasi Intel UHD 620 berkecepatan 1.150 MHz.

Sementara, Core i5-8265U adalah prosesor berinti empat dan 8 thread dengan kecepatan base clock 1,6 GHz dan frekuensi turbo 3,9 GHz. GPU di dalamnya juga Intel UHD 620, tapi cache L3 lebih kecil di angka 6 MB.

Kedua prosesor disinyalir bakal hadir di produk-produk laptop mainstream, tapi informasi ketersediaan maupun harganya masih belum diketahui.

Baca juga: Skandal Asmara yang Bikin CEO Intel Mundur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WCCF Tech
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com