2 Fitur Penting Smartphone bagi Huawei - Kompas.com

2 Fitur Penting Smartphone bagi Huawei

Kompas.com - 12/07/2018, 17:42 WIB
Kamera belakang Huawei P20 Pro ada tiga dengan kemampuan berbeda, menggunakan optik Leica.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Kamera belakang Huawei P20 Pro ada tiga dengan kemampuan berbeda, menggunakan optik Leica.

SHENZHEN, KOMPAS.com - Huawei menonjolkan dua fitur ponsel untuk flagship miliknya, yakni fotografi dengan teknologi artificial intelligent dan graphic processing unit (GPU) untuk game mobile.

Clement Wong, Head Global Product Marketing Huawei saat menggelar konferensi pers di Shenzhen, China, Kamis (5/7/2018), menjelaskan, untuk fitur fotografi, pihaknya bekerja sama dengan Leica. Huawei mempercayakan masalah fotografi pada Leica karena sudah berpengalaman dalam fitur ini.

Menurut Clement, Leica sudah 100 tahun menggeluti teknologi fotografi. Leica dianggap mumpuni dalam meningkatkan kulitas fotografi.

"Kami kerja sama dengan Leica. Leica sangat tahu bagaimana bicara dengan insinyur kami. Bagaimana foto yang baik. Tuning detail warna, kontras dan teknologi kami," jelasnya.

Fitur fotografi yang dikembangkan ini berkaitan dengan kegandrungan anak muda, yakni foto selfie. Huawei berencana menonjolkan kemampuan mumpuni untuk fotografi pada Seri Nova.

Baca juga: Melihat Lebih Dekat Ponsel 3 Kamera Belakang Huawei P20 Pro

Huawei memasukkan tekologi AI pada fitur kamera. Dengan AI, maka hasil foto subyek dan hal lain di sekitarnya akan optimal. Gambar yang dihasilkan nyaris sesuai dengan kenyataan.

Teknologi AI mampu mengenal latar potret seperti langit, tanaman bunga dan lainnya.

"Dan AI juga mampu menciptakan efek bokeh yang lebih baik," kata Fang Fei, Vice President Handset Business Huawei Consumer Business Group di Beijing, Selasa (2/7/2018).

Teknologi AI dalam kamera sudah diperkenalkan dalam P20 Pro. Namun untuk flagship mendatang akan ada penyempurnaan penting, terutama peningkatan kemampuan alogaritma AI.

Menjajal kamera ganda Huawei Nova 2 Lite dengan tampilan layar penuh. Menjajal kamera ganda Huawei Nova 2 Lite dengan tampilan layar penuh.
Fitur selanjutnya yang ditonjolkan adalah GPU untuk fungsi game. Jim Xu, Presiden Product Marketing Huawei Consumer Business Group, menjelaskan, pihaknya sudah meluncurkan GPU Turbo. CPU tambahan untuk pengolahan grafis ini dinilai mampu meningkatkan performa GPU ponsel meningkat 60 persen.

Jim menyebutkan, pihaknya mengembangkan GPU Turbo karena memandang saat ini orang kian menggandrungi mobile game. "Mobile game makin populer. Perlu GPU yang kuat," tegas Jim saat konferensi pers di markas besar Huawei di Shenzhen, China, Kamis (5/7/2018) lalu.

Menurut Jim, fitur GPU Turbo sudah dibenamkan ke dalam flagship Mate 10.

Apakah Huawei akan mengembangkan mobile game? Jim mengatakan, inovasi ke arah mobile game bisa saja dilakukan. Namun untuk saat ini, ia masih yakin bahwa bahwa ponsel itu masih tetap untuk menelepon dan media sosial. Sementara game hanya fitur saja.

Baca juga: Huawei Pastikan Rilis Ponsel Gaming Tahun Ini


Komentar
Close Ads X