Desain dan Fitur Chrome Dirombak Besar-besaran - Kompas.com

Desain dan Fitur Chrome Dirombak Besar-besaran

Kompas.com - 13/07/2018, 09:32 WIB
IlustrasiGeekInsider.com Ilustrasi

KOMPAS.com - Pengguna Google Chrome mungkin merasa bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja. Memang jika diingat-ingat, Google selama ini hanya memberi perubahan-perubahan minor untuk Chrome itu pun bukan dari sisi tampilan, melainkan fitur-fitur lainnya. 

Namun kali ini, Google dikabarkan akan merombak tampilan khusus untuk Chrome versi desktop. Raksasa mesin pencari ini akan memberi perubahan besar, baik dari sisi desain maupun fitur.

Gooogle Chrome yang telah dirancang ulang ini sudah mulai diuji coba dalam versi Canary. Namun perlu diingat, Canary sendiri adalah versi eksperimental dari Google Chrome yang masih dalam tahap pengembangan. Jadi versi ini belum final dan masih banyak ditemukan bug atau kesalahan sistem.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Jumat (13/7/2018), desain Chrome anyar ini hadir dengan karakteristik yang lebih dinamis. Warnanya lebih lembut dan ada beberapa fitur tambahan yang dikembangkan.

Berdasarkan keterangan dari Francois Beaufort, seorang developer dari Chromium, browser anyar ini memiliki sejumlah perubahan di antaranya adalah bentuk tampilan tab, pewarnaan tab, sampai indikator peringatan pada tab tersebut.

Tampilan baru Google Chrome bakal lebih dinamis. yudha pratomo/KOMPAS.com Tampilan baru Google Chrome bakal lebih dinamis.
Yang paling mencolok, adalah hadirnya elemen khas Material Design (desain flat) yang bakal disematkan pada Chrome terbaru nanti.

KompasTekno pun mencoba desain baru Chrome ini dengan mengunduh versi Canary. Jika Anda pernah menggunakan browser Mozilla terbaru, desain Chrome baru ini boleh dibilang cukup mirip dengan Mozilla. Tapi dengan respon yang lebih cepat.

Baca juga: Update Windows 10 Bikin Chrome Hang, Ini Saran Microsoft

Tampilan warna dari desain baru Chrome ini memang lebih lembut dan dinamis. Berbeda dengan Chrome biasa yang cukup tajam. Namun kami belum bisa menemukan fitur-fitru lain seperti pewarnaan tab, maupun pinned tab pada Chrome versi Canary yang kami coba.

Kendati demikian, desain baru Chrome ini akan sangat mudah digunakan karena memang posisi tombol dan menu masih mengadopsi dari versi Chrome sebelumnya. Pada browser ini, Anda pun bisa mengintegrasikan akun Google dalam satu halaman.

Dengan melakukan login akun lewat halaman depan Chrome, Anda dapat membuka akun Gmail, YouTube, bahkan Google Drive tanpa harus login ulang.

Namun perlu kami ingatkan kembali, untuk saat ini Chrome dengan tampilan dan fitur baru ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga akan masih ada banyak bug di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba, Anda bisa mengunduh versi Canary dari lewat tautan ini.  

Selamat mencoba!



Close Ads X