Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop MacBook Pro Baru Kini Lebih Kencang

Kompas.com - 13/07/2018, 11:03 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki pertengahan 2018, Apple memperkenalkan pembaruan spesifikasi untuk lini laptop MacBook Pro model 13 inci dan 15 inci.

Kedua produk urutan tertatas hirarki laptop Apple itu kini memiliki hardware anyar yang lebih bertenaga, mencakup prosesor Intel Core i7 dan Core i5 generasi kedelapan.

MacBook Pro 15 inci yang baru ini memiliki kapasitas RAM maksimal dua kali lebih besar dari sebelumnya, yakni hingga 32 GB DDR4, sementara kapasitas maksimal penyimpanannya juga berlipat dua, hingga 4 TB (SSD).

Dapur pacu laptop ini menggunakan prosesor Core i7 atau Core i9 dengan 6 inci CPU dan kecepatan Turbo Boost mencapai 4,8 GHz. Ada juga kartu grafis Radeon Pro dengan RAM 4 GB. Kinerja MacBook Pro 15 inci baru diklaim lebih tinggi 70 persen dari model terdahulu.

Untuk MacBook Pro 13 inci baru, jeroannya terdiri dari prosesor quad-core Intel Core i5 atau Core i7 dengan Turbo Boost hingga 4,5 GHz, dan grafis terintegrasi Iris 655 (eDRAM 128 MB).

Kapasitas RAM yang dibenamkan pada Macbook Pro 13 inci baru adalah 8 GB, sementara media penyimpanannya bisa dipilih hingga maksimal 2 TB (SSD). Kinerja laptop ini diklaim 100 persen lebih tinggi dibandingkan model sebelumnya.

Baca juga: 3 Masalah Keyboard MacBook dan Daftar Tipe yang Mengalaminya

“Generasi terbaru MacBook Pro adalah notebook terkencang dan paling bertenaga yang pernah kami buat,” ujar SVP Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Jumat (13/7/2018).

Masih keyboard “Butterfly”

Pembaruan spesifikasi di atas hanya berlaku untuk dua produk MacBook Pro model teratas saja, yakni MacBook Pro 13 inci dan 15 inci dengan Touch Bar.

Laptop Apple MacBook Pro.Apple Laptop Apple MacBook Pro.
Sementara itu, MacBook Pro 13 inci dengan function keys tidak kebagian hardware anyar, spesifikasinya masih sama seperti sebelumnya. Begitu juga dengan MacBook 12 inci dan MacBook Air yang tidak ikut diperbarui kali ini.

Di luar jeroan yang lebih bertenaga, Apple masih tetap mempertahankan keyboard model Butterfly untuk MacBook Pro 13 inci dan 15 inci TouchBar yang baru. Tombol-tombol di keyboard jenis ini dikenal rentan menempel apabila kemasukan debu.

Harga MacBook Pro

Soal harga, seperti biasanya, laptop MacBook Pro 13 inci dan 15 inci yang baru dibanderol tergantung dengan spesifikasi yang dipilih pengguna.

MacBook Pro 13 inci baru dijual mulai 1.799 dollar AS (Rp 25,9 juta), untuk spesifikasi dasar dengan prosesor Core i5 2,3 GHz, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB.

Lalu MacBook Pro 15 inci baru dijual mulai 2.399 dollar AS (Rp 34,5 juta) untuk spesifikasi dasar dengan prosesor Core i7 2,2 GHz, RAM 16 GB, GPU Radeon Pro 555X, dan SSD 356 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com