Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Notepad di Windows 10 Bakal Dipercanggih

Kompas.com - 13/07/2018, 12:40 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber bgr

KOMPAS.com - Pengguna Windows pasti tak asing lagi dengan aplikasi Notepad. Setelah sekian lama tak ada perubahan, Microsoft akhirnya menambahkan beberapa fitur baru untuk aplikasi ini.

Penambahan fitur pada Notepad ini akan hadir bersamaan dengan pembaruan Windows 10 mendatang. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah find and replace text serta kemampuan zoom teks menggunakan tombol Ctrl dan Mouse.

Dikutip KompasTekno dari BGR, Jumat (13/7/2018), pembaruan ini diberikan atas permintaan para pengguna. Ternyata, masih cukup banyak pengguna Notepad yang memakai aplikasi ini sekadar untuk mengedit teks sederhana, atau membuat catatan tertentu.

Fitur baru pada aplikasi Notepad di WindowsBGR Fitur baru pada aplikasi Notepad di Windows
Selain itu kabarnya, Microsoft juga akan menambah beberapa dukungan fungsi tombol seperti penggunaan Ctrl + Backspace untuk menghapus kata sebelumnya. Ini dibuat agar pengguna bisa mengetik dan mengedit dengan lebih cepat.

Pada pembaruan Notepad ini, Microsoft juga kabarnya akan memperluas dukungan untuk Unix/Linux serta Macintosh yang didukung Notepad. Bilah status akan aktif secara otomatis di Notepad, termasuk kemampuan untuk menampilkan baris dan nomor kolom, termasuk saat mode Word wrap dinyalakan.

Baca juga: Update Windows 10 Ngadat, Apa yang Harus Dilakukan?

Kemudian, selain menambah fitur, Microsoft pun mendongkrak kemampuan Notepad dalam membuka file yang lebih berat. Wajar memang, karena selain untuk mengetik teks sederhana, Notepad juga kerap digunakan sebagai sarana belajar HTML dasar untuk pemula.

Pembaruan Windows 10 dengan nama kode Redstone 5 ini kabarnya akan hadir dalam beberapa bulan mendatang. Diperkirakan fitur teranyar Notepad ini akan memulai debutnya di akhir tahun ini bersamaan dengan pembaruan Windows Console.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com