Kompas.com - 13/07/2018, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Setelah lebih kurang tiga tahun, Apple resmi menyetop produksi dan distribusi MacBook Pro 2015. Pengumuman ini berbarengan dengan dirilisnya MacBook Pro 2018 teranyar yang diklaim membawa performa paripurna.

MacBook 2015 sendiri merupakan salah satu yang membawa inovasi signifikan ketika pertama kali diperkenalkan. Salah satu yang paling menonjol adalah teknologi trackpad dengan julukan “Force Touch”.

Sensor di dalam Force Touch lebih peka tekanan, sehingga responsnya akan berbeda ketika ditekan lembut atau kuat. Tiap jari-jari yang menyentuh pun dikenali oleh Force Touch.

Laptop ini juga menjadi yang terakhir menggunakan konektor kabel charger “MagSafe”. Konektor tersebut memanfaatkan magnet dan menjadi ciri khas MacBook Pro selama bertahun-tahun.

Baca juga: Laptop MacBook Pro Baru Kini Lebih Kencang

Sebagai gantinya, Apple menyematkan USB-C pada MacBook Pro 2016. Ada yang setuju dengan keputusan Apple, tetapi tak sedikit pula yang menganggap MacBook Pro 2015 dengan MagSafe lebih bagus.

Dari segi spesifikasi, MacBook Pro 2015 sebenarnya masih mumpuni hingga hari ini. Produk tersebut memakai prosesor Intel Core generasi kelima dengan kecepatan clock 3,1 GHz yang bisa dimaksimalkan hingga 3,4 GHz.

?Chip grafisnya juga dari Intel Iris Graphics 6100. Spesifikasi ini memungkinkan ketepatan dan kecepatan penghantaran grafis yang mumpuni, output-nya 1,6 GBps.

Ketika pertama kali dirilis, MacBook 2015 dibanderol dengan harga Rp 17 jutaan hingga Rp 23,5 jutaan. Kisaran harga itu tak jauh beda dengan para penerus setelahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.