Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Kuat Android P Usung Nama "Pistachio"

Kompas.com - 13/07/2018, 16:33 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Google belum buka suara soal apa nama panjang dari Android P yang diperkenalkan pada gelaran I/O beberapa waktu lalu. Namun seorang pegawai Huawei di Polandia tanpa sengaja membocorkan nama dari Android P ini. 

Kejadian ini berawal saat seorang pengguna Huawei mengontak pegawai tersebut. Pengguna itu ingin mengetahui apakah ponsel P9 Lite miliknya akan mendapat pembaruan Oreo atau tidak.

Pegawai Huawei yang dikontak oleh pengguna ini tentu dengan senang hati menjawab pertanyaan itu. Tapi tak disangka, pegawai Huawei tersebut malah memberi jawaban yang terlalu rinci.

Dikutip KompasTekno dari Tech Radar, Jumat (13/7/2018), nama Android Pistachio tertulis dalam percakapan antara pegawai Huawei dengan pengguna tersebut.

Baca juga: Android P Pakai Nama Es Krim Bertabur Kacang Arab?

Hal ini semakin menguatkan isu nama Pistachio Ice Cream sebagai alias dari Android P yang mencuat sejak Januari lalu.

Bocoran nama Android P kembali mencuat. Tech Radar Bocoran nama Android P kembali mencuat.

Selain itu, kita tahu bahwa Huawei sendiri adalah rekanan Google yang sangat dekat. Bahkan kedua perusahaan ini telah menjalankan kerja sama strategis untuk beberapa proyek besar. Sehingga besar kemungkinan nama Pistachio untuk Android P ini benar adanya.

Kendati demikian, Google masih enggan untuk berkomentar. Raksasa mesin pencari ini akan tetap tutup mulut setidaknya sampai akhir Agustus mendatang.

Tahun lalu, Google pun baru mengonfirmasi kebenaran nama Android 8.0 Oreo pada akhir Agustus 2017. Jadi diperkirakan juga nama Android P akan tetap misterius setidaknya sampai satu bulan ke depan.

Baca juga: Daftar Smartphone yang Pertama Kebagian Android P, Bukan Cuma Pixel

Dalam ajang I/O beberapa waktu lalu Google memerkenalkan Android P beserta beberapa fitur unggulannya.

Seperti kita ketahui, Google kerap menamai setiap versi Android dengan nama makanan manis seperti Oreo untuk Android 8.0 dan Nougat untuk Android 7.0. Penamaan ini pun dilakukan sesuai dengan urutan abjad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com