Kompas.com - 14/07/2018, 08:12 WIB

KOMPAS.com - Pada gelaran I/O beberapa waktu lalu, Google mengumumkan akan menambah dukungan kode morse pada keyboard Gboard. Setelah Mei lalu fitur ini dirilis untuk ponsel Android, kini pengguna iPhone pun bisa menggunakan fitur serupa.

Kode morse pada Gboard dikembangkan bukan sekadar sebagai fitur tambahan atau upgrade minor. Kode morse juga sejatinya bukan hanya digunakan untuk komunikasi militer, tapi juga dimanfaatkan untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam berkomunikasi.

Inilah yang dilihat oleh Google. Raksasa mesin pencari ini mencari cara untuk mempermudah para difabel berkomunikasi lewat bantuan teknologi salah satunya dengan kode morse yang disematkan pada keyboard.

Dikutip KompasTekno dari Forbes, Sabtu (14/7/2018), dukungan ini dapat ditambahkan
berkat kerja sama antara Google dengan Tania Finalayson, seorang ahli teknologi yang juga penyandang disabilitas.

Baca juga: Airbnb Beli Startup Sewa Kamar Kaum Difabel

Dalam sebuah postingan di blog pribadinya, menurut Tania, kode morse ini digunakan sebagai perantara untuk menerjemahkan gerakan kepala penyandang disabilitas menjadi suara layaknya orang pada umumnya.

Ungkap Tania, gerakan kepala pengguna akan diubah menjadi kode morse berupa titik dan garis. Kemudian, Google akan menerjemahkan kode ini menjadi sebuah huruf dan selanjutnya lewat Google, huruf itu bisa diubah menjadi suara.

"Keyboard kode morse pada Gboard memungkinkan orang menggunakan kode morse untuk memasukkan teks, bukan keyboard reguler," ungkap Tania.

“Saya sangat gembira karena Gboard mendukung kode morse dengan akses cepat. Adanya berbagai setting untuk mengakomodasi lebih banyak orang dengan kebutuhan khusus," lanjutnya.

Kode morse ini diintegrasikan dengan perangkat yang menyerupai kursi roda. Perangkat ini memungkinkan para penyandang disabilitas meletakan ponsel mereka. Dengan begitu, Gboard dapat mudah dinikmati di kursi roda tersebut.

Tata letak keyboard morse ini pun telah dirancang sedemikian rupa dengan saran dari Tania. Dengan begitu, lewat keyboard morse ini penyandang disabilitas akan dapat berkomunikasi dengan orang lain seperti pada umumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Forbes


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.