Pengguna Android Bisa Ketik Morse di Gboard - Kompas.com

Pengguna Android Bisa Ketik Morse di Gboard

Kompas.com - 14/07/2018, 08:12 WIB
Dukungan stiker dan Bitmoji di Gboard.Google Blog Dukungan stiker dan Bitmoji di Gboard.

KOMPAS.com - Pada gelaran I/O beberapa waktu lalu, Google mengumumkan akan menambah dukungan kode morse pada keyboard Gboard. Setelah Mei lalu fitur ini dirilis untuk ponsel Android, kini pengguna iPhone pun bisa menggunakan fitur serupa.

Kode morse pada Gboard dikembangkan bukan sekadar sebagai fitur tambahan atau upgrade minor. Kode morse juga sejatinya bukan hanya digunakan untuk komunikasi militer, tapi juga dimanfaatkan untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam berkomunikasi.

Inilah yang dilihat oleh Google. Raksasa mesin pencari ini mencari cara untuk mempermudah para difabel berkomunikasi lewat bantuan teknologi salah satunya dengan kode morse yang disematkan pada keyboard.

Dikutip KompasTekno dari Forbes, Sabtu (14/7/2018), dukungan ini dapat ditambahkan
berkat kerja sama antara Google dengan Tania Finalayson, seorang ahli teknologi yang juga penyandang disabilitas.

Baca juga: Airbnb Beli Startup Sewa Kamar Kaum Difabel

Dalam sebuah postingan di blog pribadinya, menurut Tania, kode morse ini digunakan sebagai perantara untuk menerjemahkan gerakan kepala penyandang disabilitas menjadi suara layaknya orang pada umumnya.

Ungkap Tania, gerakan kepala pengguna akan diubah menjadi kode morse berupa titik dan garis. Kemudian, Google akan menerjemahkan kode ini menjadi sebuah huruf dan selanjutnya lewat Google, huruf itu bisa diubah menjadi suara.

"Keyboard kode morse pada Gboard memungkinkan orang menggunakan kode morse untuk memasukkan teks, bukan keyboard reguler," ungkap Tania.

“Saya sangat gembira karena Gboard mendukung kode morse dengan akses cepat. Adanya berbagai setting untuk mengakomodasi lebih banyak orang dengan kebutuhan khusus," lanjutnya.


Kode morse ini diintegrasikan dengan perangkat yang menyerupai kursi roda. Perangkat ini memungkinkan para penyandang disabilitas meletakan ponsel mereka. Dengan begitu, Gboard dapat mudah dinikmati di kursi roda tersebut.

Tata letak keyboard morse ini pun telah dirancang sedemikian rupa dengan saran dari Tania. Dengan begitu, lewat keyboard morse ini penyandang disabilitas akan dapat berkomunikasi dengan orang lain seperti pada umumnya.

Komentar
Close Ads X