Seri Kamera Mirrorless Nikon 1 Dipensiunkan

Kompas.com - 14/07/2018, 15:05 WIB
Nikon 1 V3, salah satu tipe kamera mirrorless Nikon yang dinyatakan berhenti produksi NikonNikon 1 V3, salah satu tipe kamera mirrorless Nikon yang dinyatakan berhenti produksi

KOMPAS.com - Nikon dikabarkan telah membunuh lini produk kamera mirrorless NIkon 1 yang telah diproduksinya sejak 2011 silam, dan diperkirakan bakal menggantinya dengan lini produk baru.

Hingga saat ini, lini produk kamera mirrorless itu sama sekali belum diperbaharui. Terakhir kali Nikon melakukan pembaruan adalah pada 2015, atau tiga tahun yang lalu, ketika merilis tipe J5.

Lalu, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Sabtu (14/7/2018), sekarang situs resmi Nikon telah memasukkan seluruh lini kamera mirrorless tersebut dalam kategori discontinued atau berhenti diproduksinya.

Lebih rincinya, tipe yang sudah dihentikan produksinya adalah Nikon 1 J5, J4, J3, J2, J1, S2, S1, V3, V2, V1 dan AW1.

Salah satu hal yang diperkirakan sebagai penyebab matinya kamera mirrorless Nikon 1 adalah keputusan untuk menempatkan sensor gambar berukuran 13,2 x 8,8 milimeter. Ukuran itu sangat kecil, sementara kebanyakan kamera pesaing memakai ukuran sensor yang lebih besar.

Baca juga: 2 Mirrorless Full Frame Baru Nikon Meluncur Bulan Ini

Misalnya saja Sony yang terus mendorong timnya untuk mengembangkan spesifikasi dan fitur kamera mirrorless full-frame, hingga menjadi batas baru dalam pengembangan kemampuan kamera di industri mirrorless.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nikon sendiri saat ini diketahui sedang menyiapkan dua kamera mirrorless baru yang diperkirakan memakai sensor full frame. Waktu peluncuran kedua kamera tersebut masih belum diketahui dengan pasti, tapi bisa dipastikan bahwa saat meluncur nanti tidak akan memakai nama “Nikon 1”.

Desas-desus yang terakhir beredar menyebutkan ada kemungkinan Nikon bakal memperlihatkan kedua mirrorless full frame terbarunya pada akhir Juli 2018.

Sebelumnya, spekulasi mengenai penghentian produksi Nikon 1 sebenarnya sudah muncul sejak 2016. Pemicunya adalah kegagalan Nikon untuk mememercik minat pasar terhadap lini produk tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PetaPixel
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.