Ini Dia Model iPhone Paling Bermasalah

Kompas.com - 14/07/2018, 17:41 WIB
iphone 6 CultofMaciphone 6

KOMPAS.com - Sebuah penelitian mengungkap bahwa iPhone 6 ternyata menjadi generasi iPhone yang paling banyak memiliki masalah. Baik itu iPhone 6 reguler, iPhone 6s, bahkan seri tertinggi, iPhone 6s Plus.

Hal ini terungkap dari laporan firma keamanan data, Blancco. Data tersebut menunjukkan iPhone 6 berada di posisi teratas dengan persentase masalah sebesar 22 persen. Di bawahnya ada iPhone 6s dengan persentase 16 persen dan iPhone 6s Plus dengan angka 9 persen.

Dari penelitian tersebut, diketahui ada beberapa komponen yang menjadi masalah dari generasi iPhone 6 ini, yakni Bluetooth, Wi-Fi, headset, hingga kemampuan data seluler. Menurut analis Blancco, salah satu faktor penyebabnya adalah dukungan perangkat lunak yang tidak sesuai dengan kemampuan hardware pada generasi iPhone 6 ini.

Dikutip KompasTekno dari Apple Insider, Minggu (14/6/2018), sejak awal diperkenalkan, iPhone 6 memang diketahui sudah memiliki dua masalah besar yang menyelimuti. Pertama adalah masalah performa baterai yang memengaruhi kinerja ponsel. Kedua adalah masalah sistem operasi yang tak sesuai dengan kemampuan hardware.

Bukan hanya itu, pada 2014 silam, generasi iPhone 6 ini juga diketahui sangat rawan bengkok. Bahkan kasus ini sempat menjadi viral dan perbincangan hangat di dunia maya.

Baca juga: Operator Seluler Bakal Dibuat Pusing oleh iPhone Terbaru

Ketika itu Apple bersikeras dan berdalih bahwa ponsel itu tidak memiliki masalah apa pun pada sisi desain. Dan kasus bengkoknya iPhone tersebut hanya terjadi pada beberapa pengguna. Namun sebuah dokumen gugatan di pengadilan pada 2016 lalu menyatakan sebaliknya.

Apple mengatakan bahwa masalah perangkatnya yang melengkung itu sangat jarang terjadi. Perusahaan besutan Steve Jobs ini juga mengatakan bahwa desain iPhone 6 dan iPhone 6 Plus menggunakan bahan logam baja/titanium yang berguna untuk memperkuat struktur perangkatnya itu.

Namun setelah itu, banyak beredar video di YouTube yang menunjukkan bahwa iPhone 6 dan iPhone 6 Plus memang mudah dibengkokkan hanya dengan sedikit tekanan saja.

Baca juga: Sebelum Viral, Apple Sudah Tahu iPhone 6 Bakal Rawan Bengkok?

Riset dari Blancco ini seolah membenarkan semua hal yang telah terjadi pada iPhone 6. Dari hasil penelitian ini iPhone 6 menjadi generasi iPhone yang paling bermasalah. Bahkan masih kalah dengan kualitas iPhone 5s yang hanya memiliki persentase kegagalan sebesar 5 persen saja.

Secara keseluruhan dari riset ini terlihat bahwa iPhone 8 Plus dan iPhone X menjadi produk Apple paling minim masalah sampai tahun ini. iPhone 8 dan iPhone X sama sama mengantongi angka persentase kesalahan hanya sebesar 3 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X