Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bakal Permudah Fitur yang Bikin Pesan Seolah-olah Telah Terbaca

Kompas.com - 16/07/2018, 14:52 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Baru-baru ini, WhatsApp diketahui sedang mengembangkan dua fitur baru untuk perangkat berbasis Android. Informasi ini diketahui oleh situs WABetaInfo yang sering membocorkan fitur baru WhatsApp.

Adapun kedua fitur baru WhatsApp yang dimaksud di atas sedang diuji coba saat ini dalam versi beta Android 2.18.214. Fitur pertama yang sedang dipersiapkan adalah shortcut "Mark as Read".

Sebagaimana namanya, fitur ini akan menandai chat yang masuk seolah-olah telah dibaca penerima. Namun WhatsApp akan menyediakannya secara lebih cepat, langsung dari Notification Center.

Saat ini, pengguna memang sudah bisa memakai fitur "Mark as Read" ini, namun menunya masih tersembunyi dan harus melalui beberapa tahapan untuk mengaksesnya.

Tampilan fitur mark as read yang sedang dikembangkan WhatsAppWABetaInfo Tampilan fitur mark as read yang sedang dikembangkan WhatsApp
Pengguna mesti menahan chat dari salah satu penerima, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan, dan pilih "tandai telah dibaca" atau "tandai belum dibaca".

Baca juga: Ini Tanda Pesan WhatsApp yang Diteruskan dari Orang Lain

Nantinya, WhatsApp akan mempermudah dan menyederhanakan proses ini.

Ketika menerima pesan dari pengirim yang sama, akan muncul pilihan "balas" atau "mark as read" atau tandai sebagai telah dibaca, lewat notifikasi yang muncul.

Jika opsi "mark as read" yang dipilih, maka pesan tidak akan muncul lagi sebagai pesan yang belum dibaca.

Pesan yang dilabeli "mark as read" akan dibubuhi tanda bulat bewarna hijau di samping pesan.

Fitur kedua, WhatsApp juga dikabarkan menyiapkan fitur "mute" baru, yang bisa diakses melalui jalan pintas di Notification Center.

Namun, dirangkum KompasTekno dari blog WABetaInfo, Senin (16/7/2018), tidak dijelaskan bagaimana fitur mute cepat nanti akan bekerja. Perlu diingat lagi jika kedua fitur tersebut belum bisa dinikmati secara luas dengan alasan masih dalam tahap pengembangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com