MacBook Pro Terbaru Bisa "Copy" File 4 GB dalam 2 Detik

Kompas.com - 16/07/2018, 17:22 WIB
Duo Apple MacBook Pro 13 inci dan 15 inci dengan Touch Bar menerima pembaruan berupa hardware lebih bertenaga di pertengahan 2018.Apple Duo Apple MacBook Pro 13 inci dan 15 inci dengan Touch Bar menerima pembaruan berupa hardware lebih bertenaga di pertengahan 2018.

KOMPAS.com - Pekan lalu, Apple baru saja memperbarui lini laptop MacBook Pro teratasnya (13 inci dan 15 inci dengan Touch Bar) dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Kedua laptop berbanderol harga mulai dari 1.799 dollar AS (Rp 25,9 juta). Keduanya juga diklaim sebagai “ MacBook terkencang yang pernah dibuat Apple”.

Benarkah demikian? Situs Laptop Mag menjalankan benchmark pada MacBook Pro 13 inci yang baru (Core i7, RAM 16 GB, SSD 512 GB) dan menemukan bahwa laptop tersebut ternyata memang benar-benar bisa ngebut, terutama untuk urusan kecepatan SSD.

Media penyimpanan berjenis SSD (Solid State Disk) pada MacBook Pro 13 inci baru, mampu menembus kecepatan 2.500 Megabyte per detik dalam sebuah uji copy file.

File sebesar 4,9 Gigabyte pun mampu dikopi dalam waktu hanya dua detik. Saat diuji kembali dengan benchmark BlackMagic Disk Speed, kecepatan tulis (write speed) SSD MacBook Pro 13 inci terbaru itu mencapai kisaran 2.600 megabyte per detik.

Baca juga: Cara Apple Perbaiki Masalah Keyboard di MacBook Pro 2018

Benchmark file copy yang dilakukan Laptop Mag terhadap MacBook Pro 13 inci yang baru.Laptop Mag Benchmark file copy yang dilakukan Laptop Mag terhadap MacBook Pro 13 inci yang baru.
Saking kencangnya SSD sang laptop, para penguji sampai curiga dan memutuskan untuk mengulangi benchmark.

“SSD MacBook Pro adalah yang terkencang yang pernah kami lihat di sebuah laptop,” sebut Laptop Mag, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Senin (16/7/2018).

Laptop terkencang berikutnya dalam pengujian Laptop Mag adalah Dell XPS 13 (Core i7, Windows 10) yang hanya membuahkan kecepatan 399 mebgabyte per detik.

Rata-rata laptop di kelas premium seperti MacBook Pro 13 inci mencatat hasil 279 megabyte per detik.

Selain SSD, Apple turut memperbarui hardware MacBook Pro 13 inci dan 15 inci dengan fitur Touch Bar. Prosesor kedua laptop itu kini menggunakan Intel Core i5, Core i7, atau Core i9 generasi kedelapan.

Apple turut membenamkan mekanisme baru untuk melindungi keyboard Butterfly di kedua laptop, agar tombolnya tak terlalu mudah macet ketika kemasukan debu, walau secara keseluruhan papan ketik ini tak banyak berubah.

Hanya MacBook Pro 13 inci dan 15 inci dengan Touch Bar saja yang diperbarui. MacBook Pro 13 inci non-touchbar, MacBook 12 inci, dan lini MacBook Air tak kebagian update hardware.



Close Ads X