Percakapan Skype Akhirnya Bisa Direkam

Kompas.com - 17/07/2018, 17:04 WIB
Ilustrasi Skype.Shutterstock Ilustrasi Skype.

KOMPAS.com - Perusahaan induk Skype, Microsoft akhirnya menambahkan fitur yang umum terdapat di ponsel yakni call-recording atau perekam panggilan, setelah 15 tahun dirilis. Call-recording akan berbasis komputasi cloud yang bisa diakses melalui berbagai perangkat termasuk Windows, Mac, iOS, Android, dan bahkan Linux.

Fitur perekam panggilan juga akan dibarengi fitur audio-call, teks dan berbagi file baik gambar, audio maupun video yang semuanya akan terenkripsi.

"Call-recording sepenuhnya berbasis cloud, dan ketika Anda mulai merekam (panggilan), semua orang yang berada dalam obrolan akan diberi tahu bahwa panggilan sedang direkam", jelas tim Microsoft Skype.

Fitur ini menjadi salah satu fitur yang paling banyak dinantikan pengguna Skype. Sebelumnya, fitur call-recording baru hadir untuk para pengguna Skype Business saja.

Selama ini, para pengguna Skype mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk merekam panggilan, misalnya menggunakan aplikasi bernama Avaer, yang menjadi aplikasi terpopuler untuk merekam panggilan.

Baca juga: China Hapus Skype dari Toko Aplikasi Apple

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (17/7/2018), fitur call-recording akan segera meluncur pada akhir Juli mendatang dalam pembaruan versi 8.0 untuk Skype desktop. Fitur ini akan meluncur bersama deretan fitur lain.

Skype memang sedang melakukan perombakan besar-besaran untuk tetap eksis di tengah gempuran aplikasi lain yang memiliki fitur voice-call andalan Skype. Selain call-recording, fitur yang akan hadir di antaranya adalah video call berkualitas HD (1080 piksel) dan screen-sharing dalam panggilan.

Ada pula fitur @mention, galeri media obrolan, serta berbagi data file dan media hingga 300 MB. Skype juga akan menambahkan fitur undangan profil, di mana pengguna bisa mengundang pengguna lain untuk bergabung di Skype.

Pengguna juga bakal bisa mengetahui bahwa pesan telah dibaca, seperti tanda double-check warna biru di WhatsApp. Selain itu, akan ada dukungan tautan grup untuk bergabung dengan obrolan dan video call.

Secara umum, Skype fokus pada peningkatan visual di desain barunya nanti, seperti koding warna baru pada pesan chat dan juga emoji.

Microsoft juga sedang mengembangkan mode Content Creator, yang bertujuan mempermudah para vloggers, streamer, dan para podcaster untuk lebih mudah mengintegrasi Skype dengan Xsplit, Wirecast, dan Vmix.

Dilaporkan Tech Crunch, untuk beberapa pembaruan seperti galeri media chat dan layanan berbagi file kemungkinan telah hadir di Skype versi desktop saat ini. Khusus pengguna iPad, pebaruan 8.0 akan disertai fitur yang mirip dengan fitur "quoted", seperti di WhatsApp.

Setelah update resmi meluncur, maka versi lama yakni 7.0 alias Skype klasik tidak akan berfungnsi per 1 September 2018 mendatang.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X