Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mudah dan Hemat Merawat iPhone

Kompas.com - 18/07/2018, 10:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - iPhone kini menjadi ponsel terlaris di dunia, mengalahkan lini Android Samsung, Xiaomi, dan Oppo. Pencapaian ini tak lepas dari inovasi dan konsistensi Apple dari segi desain, spesifikasi, dan fitur.

Kendati begitu, iPhone pun tak lepas dari celah. Seiring pemakaian yang terus-menerus, kemampuan iPhone pun bisa menurun.

Ada beberapa masalah yang kerap ditemui saat memakai iPhone beserta solusi sederhananya, berikut cara merawat iPhone secara mudah dan hemat, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (18/7/2018), dari BusinessInsider.

Pertama, tombol home yang terasa lengket dan tak bisa membaca sidik jari (fingerprint). Masalah ini biasanya dialami pengguna yang jarinya mudah berkeringat.

Keringat itu tak lekas dibersihkan dan menumpuk menjadi kotoran pada tombol home. Solusinya sederhana, cukup basahkan cotton bud dengan spiritus.

Selanjutnya, gosok cotton bud tersebut secara melingkar di tombol home. Pastikan Anda membersihkan hingga ke dindind dalam tombol home.

Kedua, charger yang semakin lama semakin lambat mengisi daya. Problem ini bisa disebabkan oleh serat-serat debu kecil yang terperangkap di dalam port.

Bersihkan serat-serat itu dengan tusuk gigi. Caranya mudah, cukup masukkan ujung tusuk gigi dan pelan-pelan cangkul kotoran yang terperangkap di dalam port.

Charger iPhone X yang dibeli di Singapura memiliki tiga kaki, bila di Indonesia bentuk ini akan menyesuaikan menjadi dua kakiYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Charger iPhone X yang dibeli di Singapura memiliki tiga kaki, bila di Indonesia bentuk ini akan menyesuaikan menjadi dua kaki

Ketiga, suara yang kurang jelas ketika menerima telepon. Lagi-lagi, masalah ini bisa dipicu kotoran yang tersimpan di dalam kisi-kisi speaker untuk menelpon.

Gunakan penghapus pensil untuk membersihkannya. Anda hanya perlu menggosok-gosok penghapus ke kisi-kisi speaker selama beberapa detik.

Keempat, kabel charger yang lapisan luarnya robek. Ini adalah salah satu masalah yang paling lumrah dialami pengguna iPhone.

Cara memperbaikinya mudah, cukup lilit kabel yang robek tersebut dengan lem sugru atau pita berbahan karet. Dengan begitu, kabel akan kokoh seperti semula.

Baca juga: Ini Dia Model iPhone Paling Bermasalah

Kelima, Anda pun bisa meletakkan iPhone ketika ingin menonton video tanpa harus membeli tatakan khusus. Cukup jepit iPhone pada klip binder yang biasanya digunakan untuk kertas.

Keenam, bagi Anda yang mendambakak pena digital pada iPhone, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya, gulung kertas timah (tinfoil) pada tangkai cotton bud.

Selanjutnya, basahi ujung cotton bud, tetapi jangan terlalu berlebihan. Dengan begitu, aliran magnet akan mengalir secara natural dan membuat iPhone Anda meresponsnya selayaknya pena digital.

Ketujuh, jika Anda ingin mengeringkan iPhone yang basah, tak perlu mengeringkannya dengan hair-dryer yang boros listrik. Anda bisa memanfaatkan silica gel yang biasanya terdapat pada kemasan sepatu baru.

Kumpulkan gel silica ke dalam toples. Lalu, tenggelamkan iPhone Anda ke gel silica itu selama beberapa jam.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com