Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Mulai Geser Android di Pasar AS

Kompas.com - 18/07/2018, 13:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurut firma riset Consumer Intelligence Research Partners (CIRP), perangkat berbasis iOS mencatatkan angka aktivasi sebesar 36 persen di Amerika Serikat (AS) selama kuartal II-2018.

Di periode yang sama, perangkat Android mencatatkan angka aktivasi 63 persen. Laporan CIRP menjelaskan jika pertumbuhan aktivasi iOS di produk besutan Apple meningkat secara year-on-year dan quarter-to-quarter.

"Pangsa aktivasi Apple iOS meningkat di kuartal terakhir dan pada tahun lalu," jelas Josh Lowitz, partner & co-founder CRIP.

Tren ini berbalik dari tahun lalu, ketika pangsa Apple jatuh secara relatif pada kuartal Maret 2017. Pada kuartal II ini, CIRP mendapati tingkat loyalitas pengguna iOS juga naik.

"Loyalitas konsumen mulai beranjak pada sistem operasi ini (iOS)", imbuhnya, sebagaimana KompasTekno kutip dari Apple Insider, Rabu (18/7/2018).

Baca juga: Pengguna Android Suka iPhone Murah

Grafik aktivasi iOS dan Android pada kuartal-II 2018CIRP/via Apple Insider Grafik aktivasi iOS dan Android pada kuartal-II 2018
Data diperoleh dari 500 orang yang melakukan aktivasi perangkat baru di AS selama kuartal kedua tahun 2018. Pangsa Apple di pasar AS melambung dari titik terendah pada September 2017 lalu dan sempat naik pada bulan Desember.

Musim libur Natal dan tahun baru di AS menjadi momentum pejualan iPhone X yang dirilis November 2017. Apple melaporkan hasil penjualannya meningkat pada Februari 2018, meskipun secara jumlah penjualan menurun 1,2 persen.

Peningkatan hasil penjualan Apple didorong oleh harga flagship iPhone X yang dijual seharga 999 dollar AS (sekitar Rp 14,3 juta). Menurut partner & co-founder CIRP, Mike Levin, peningkatan pangsa Apple tak lepas dari Samsung, di mana pangsa aktivasinya mengalami penurunan relatif pada kuartal terkahir, dan juga tahun lalu.

"Dalam kuartal tanpa ada peluncuran ponsel andalan, pangsa pasar Samsung sama dengan milik Apple. Setahun lalu, Samsung memiliki pangsa penjualan yang besar," imbuhnya.

Selama perode kuartal II-2018, vendor Android Samsung dan Apple sama-sama menghasilkan aktivasi sebesar 36 persen di pasar AS. Diikuti LG di posisi ketiga dan Motorola keempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com