Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghindari Rute Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

Kompas.com - Diperbarui 06/06/2022, 08:41 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa ruas jalan di Jakarta akan diberlakukan peraturan pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor pelat ganjil-genap.

Mulai hari ini, Senin (6/6/2022), aturan ganjil-genap akan diperluas menjadi 25 ruas jalan. Aturan ini berlaku untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih.

Baca juga: Mulai 6 Juni 2022, Ini 25 Ruas Jalan di Jakarta yang Terapkan Ganjil Genap

Untuk menghindari sanksi tersebut, pengguna kendaraan bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Waze dan Google Maps. Baik pengguna Android maupun iOS bisa memanfaatkan fitur ganjil-genap di kedua aplikasi milik Google tersebut.

Sebelum menggunakan Waze maupun Google Maps untuk mencari rute alternatif, pastikan bahwa GPS pada perangkat Anda aktif dan terkoneksi internet.

Baca juga: Jadi 25 Titik, Ini Cara Cek Ganjil Genap Jakarta Terbaru via Google Maps

Waze

Untuk mengecek jalur alternatif di Waze, buka menu "My Waze". Buka "Setting" di kiri atas aplikasi (icon roda bergerig, kmeudian pilih menu "Navigasi" atau Navigation. Selanjutnya, masukkan dua digit terakhir nomor kendaraan Anda di menu License plate.

Baca juga: Begini Cara Pakai Rute Khusus Sepeda Motor di Google Maps

Nantinya, secara otomatis Waze akan menyesuaikan rute sesuai implementasi peraturan ganjil-genap. Dengan begitu, pengguna bisa mencari rute alternatif lain agar terhindar dari aturan tersebut.

Google Maps

Rute ganjil genap di Google MapsScreenshot/Google Maps Rute ganjil genap di Google Maps

Sementara untuk Google Maps, pengguna harus memasukan dulu lokasi tujuan. Lalu pilih menu "setting" di kanan atas aplikasi dan pilih "route options".

Menu tersebut akan menampilkan dua pilihan, Anda memiliki pelat nomor genap dan Anda memiliki pelat nomor ganjil. Pilihlah sesuai dengan nomor kendaraan Anda.

Penentuan angka ganjil dan genap ditentukan oleh satu digit nomor terakhir. Kemudian akan terlihat rute mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghindari aturan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com