Cara Menghindari Rute Ganjil-Genap dengan Google Maps dan Waze

Kompas.com - 19/07/2018, 10:32 WIB
Ilustrasi wazeIst Ilustrasi waze

KOMPAS.com - Beberapa ruas jalan di Jakarta akan diberlakukan peraturan pembatasan kendaraan bermotor berdasarkan nomor pelat ganjil-genap.

Mulai Rabu (18/7/2018) lalu, kendaraan yang tidak mematuhi aturan ganjil-genap akan dikenakan sanksi, yakni dikeluarkan dari jalur. Aturan ini berlaku untuk kendaraan pribadi beroda empat atau lebih.

Untuk menghindari sanksi tersebut, pengguna kendaraan bisa mencari rute alternatif melalui aplikasi Waze dan Google Maps. Baik pengguna Android maupun iOS bisa memanfaatkan fitur ganjil-genap di kedua aplikasi milik Google tersebut.

Sebelum menggunakan Waze maupun Google Maps untuk mencari rute alternatif, pastikan bahwa GPS pada perangakta Anda aktif dan terkoneksi internet.

Waze

Untuk mengecek jalur alternatif di Waze, buka menu "setting". Kemudian pilih menu "navigasi" dan lanjutkan ke menu "license plate restriction" atau "pembatasan pelat nomor" yang berada di paling bawah.

Baca juga: Begini Cara Pakai Rute Khusus Sepeda Motor di Google Maps

Lantas, akan muncul kolom untuk memasukkan dua digit terakhir nomor pelat kendaraan bermotor pengguna.

Nantinya, secara otomatis Waze akan menyesuaikan rute sesuai implementasi peraturan ganjil-genap. Dengan begitu, pengguna bisa mencari rute alternatif lain agar terhindar dari aturan tersebut.

Google Maps

Rute ganjil genap di Google MapsScreenshot/Google Maps Rute ganjil genap di Google Maps

Sementara untuk Google Maps, pengguna harus memasukan dulu lokasi tujuan. Lalu pilih menu "setting" dan pilih "route options".

Setelah muncul rute yang harus dilalui, klik tulisan "Menghindari jalan khusus pelat nomor ganjil/genap".

Baca juga: Google Maps Bakal Adopsi Fitur Waze

Maka akan muncul pop-up berisi opsi, apakah pelat nomor kendaraan Anda ganjil atau genap.
Penentuan angka ganjil dan genap ditentukan oleh satu digit nomor terakhir. Kemudian akan terlihat rute mana yang sebaiknya Anda gunakan untuk menghindari aturan tersebut.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X