Lewat Find X, Oppo Ingin “Naik Kelas”

Kompas.com - 19/07/2018, 15:28 WIB
Tampak punggung Oppo Find X dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas. Oik Yusuf/KOMPAS.comTampak punggung Oppo Find X dalam posisi kamera aktif dengan modul kamera bergeser ke atas.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Oppo selama ini identik sebagai smartphone kelas menengah. Pabrikan asal China tersebut selama beberapa tahun terakhir memang tidak merilis ponsel kelas atas di Indonesia.

Belakangan, Oppo berubah sikap. Flagship Find X yang baru meluncur secara internasional bulan lalu bakal segera hadir di Tanah Air. Melalui Find X, Oppo berharap bakal “naik kelas” di mata konsumen.

“Kami berpikir sudah saatnya naik kelas,” ujar PR Manager Oppo Aryo Meidianto saat ditemui KompasTekno usai acara peluncuran Oppo Find X di Jakarta, Rabu (18/7/2018) kemarin.

“Sekarang adalah bagaimana membangun kesan bahwa Oppo sudah selangkah lebih tinggi, sudah hadir di segmen premium.”

Ponsel flagship dari lini Find besutan Oppo sendiri sudah lama tak diperbarui. Produk terakhir sebelum Find X adalah Find 7 yang dirilis genap empat tahun lalu pada 2014.

Baca juga: Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Oppo Find X di Indonesia

Selagi Oppo absen dari papan teratas pasaran smartphone, pabrikan-pabrikan lain masuk dan mengukuhkan posisinya di segmen tersebut. Namun, Aryo mengaku optimis Find X masih memiliki peluang untuk mengambil hati konsumen.

Optimisme tersebut didasarkan pada pengamatannya. Menurut Aryo, pabrikan lain cenderung menelurkan produk flagship yang relatif tak banyak berubah antar generasi. Sementara, lewat Find X, Oppo menawarkan berbagai inovasi seperti kamera slider yang bisa disembunyikan di dalam bodi dan layar yang memenuhi bagian depan, tanpa poni.

Tampak muka Oppo Find X yang memiliki layar dengan aspect ratio 93,8 persen, tanpa notch, dan bingkai yang tipis.Oik Yusuf/KOMPAS.com Tampak muka Oppo Find X yang memiliki layar dengan aspect ratio 93,8 persen, tanpa notch, dan bingkai yang tipis.

“Kami melihat semakin lama produsen lain hanya menawarkan sesuatu yang kurang lebih sama. Kalau kami, dari Find 7 ke Find X lompatannya jauh. Inilah yang seharusnya ditawarkan ke konsumen,” tutur Aryo.

Setelah “comeback” dengan Find X, apakah Oppo bakal konsisten menelurkan produk-produk flagship selanjutnya, termasuk di Indonesia? Aryo mengaku belum bisa memastikan.

“Kami akan lihat lebih dulu seperti apa respons konsumen terhadap Find X. Inilah yang akan menentukan bagaimana produk-produk Oppo di Indonesia nanti,” pungkasnya.

PR Mananger Oppo Indonesia Aryo Meidianto.KOMPAS.com/ OIK YUSUF PR Mananger Oppo Indonesia Aryo Meidianto.
Di Indonesia, Oppo Find X sendiri dibanderol seharga Rp 12.999.000 untuk masa pre-order pada 18 hingga 31 Juli mendatang.

Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan produk-produk Oppo sebelumnya di Indonesia, yang paling banter mentok di kisaran Rp 6 juta.

Selain harga, spesifikasi Oppo Find X pun sebanding dengan ponsel flagship dari merek lain, mencakup chip Snapdragon 845, RAM 8 GB, media penyimpanan 256 GB, baterai 3.730 mAh, layar 6,4 inci (2.340 x 1.080 piksel, 19,5:9) kamera ganda 16 megapiksel dan 20 megapiksel, serta kamera selfie 25 megapiksel.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X