Pengamanan Password Instagram Tak Perlu Nomor Ponsel Lagi

Kompas.com - 20/07/2018, 07:07 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
|

KOMPAS.com - Instagram ingin membuat akun penggunanya lebih aman dari sentuhan peretas. Kali ini, perusahaan yang berada di bawah naungan Facebook itu dikabarkan tengah menyiapkan sistem keamanan baru untuk para pengguna yakni dengan nomor token.

Fitur ini terungkap oleh seorang pengguna yang menemukan adanya pilihan autentikasi dua faktor lewat nomor token pada pengaturan keamanannya. Dari pengaturan itu terlihat Instagram akan menggunakan Google Authenticator untuk mengirimkan kode keamanan pada pengguna.

"Instagram akhirnya menggarap autentikasi dua faktor lewat nomor token. Kita akhirnya tak perlu lagi hanya mengandalkan SMS untuk kode keamanan," tulis Jane Manchun, pengguna Instagram yang pertama kali menemukan fitur ini lewat akun Twitternya.


Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (20/7/2018), sistem ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan autentikasi dua faktor tanpa memerlukan nomor ponsel untuk mendapatkan kode.

Ketika keamanan ini diaktifkan, nomor kode akan langsung dikirimkan ke perangkat lewat Google Authenticator. Sehingga cara ini dianggap lebih aman ketimbang lewat SMS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Fitur Swipe-up di Instagram Stories Jadi Andalan Selebgram dan Media

Saat ini, Instagram memang masih mengandalkan metode mengirim kode angka ke nomor ponsel milik pengguna untuk masuk ke perangkat baru atau sekadar memulihkan akun.

Namun metode pengiriman kode lewat SMS ini sejatinya masih memiliki celah besar yang dapat dieksploitasi para peretas. Metode SIM Hacking bisa saja dilakukan untuk membobol akun pengguna dan tidak sedikit kasus pembobolan akun lewat metode ini terjadi.

Instagram pun telah mengonfirmasi kabar ini. Mereka membenarkan bahwa perusahaan memang tengah menggarap sistem keamanan baru agar akun pengguna lebih aman dari sebelumnya.

Autentifikasi dua faktor memang merupakan sebuah fitur keamanan yang cukup efektif. Ketika otentikasi dua faktor diaktifkan, pengguna harus memasukkan kode cadangan untuk membuka akunnya.

Biasanya, kode cadangan atau kode keamanan dikirimkan melalui SMS setiap kali pengguna masuk Instagram dari perangkat lain atau perangkat tidak pernah dikenali. Sistem inilah yang menjaga akun agar tak diambil alih oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

Kendati demikian, Instagram tidak memberi penjelasan kapan fitur ini akan disebar untuk semua pengguna. KompasTekno pun masih belum bisa menemukan fitur keamanan teranyar ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Stories



Sumber GSM Arena

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.