Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamanan Password Instagram Tak Perlu Nomor Ponsel Lagi

Kompas.com - 20/07/2018, 07:07 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Instagram ingin membuat akun penggunanya lebih aman dari sentuhan peretas. Kali ini, perusahaan yang berada di bawah naungan Facebook itu dikabarkan tengah menyiapkan sistem keamanan baru untuk para pengguna yakni dengan nomor token.

Fitur ini terungkap oleh seorang pengguna yang menemukan adanya pilihan autentikasi dua faktor lewat nomor token pada pengaturan keamanannya. Dari pengaturan itu terlihat Instagram akan menggunakan Google Authenticator untuk mengirimkan kode keamanan pada pengguna.

"Instagram akhirnya menggarap autentikasi dua faktor lewat nomor token. Kita akhirnya tak perlu lagi hanya mengandalkan SMS untuk kode keamanan," tulis Jane Manchun, pengguna Instagram yang pertama kali menemukan fitur ini lewat akun Twitternya.


Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (20/7/2018), sistem ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan autentikasi dua faktor tanpa memerlukan nomor ponsel untuk mendapatkan kode.

Ketika keamanan ini diaktifkan, nomor kode akan langsung dikirimkan ke perangkat lewat Google Authenticator. Sehingga cara ini dianggap lebih aman ketimbang lewat SMS.

Baca juga: Fitur Swipe-up di Instagram Stories Jadi Andalan Selebgram dan Media

Saat ini, Instagram memang masih mengandalkan metode mengirim kode angka ke nomor ponsel milik pengguna untuk masuk ke perangkat baru atau sekadar memulihkan akun.

Namun metode pengiriman kode lewat SMS ini sejatinya masih memiliki celah besar yang dapat dieksploitasi para peretas. Metode SIM Hacking bisa saja dilakukan untuk membobol akun pengguna dan tidak sedikit kasus pembobolan akun lewat metode ini terjadi.

Instagram pun telah mengonfirmasi kabar ini. Mereka membenarkan bahwa perusahaan memang tengah menggarap sistem keamanan baru agar akun pengguna lebih aman dari sebelumnya.

Autentifikasi dua faktor memang merupakan sebuah fitur keamanan yang cukup efektif. Ketika otentikasi dua faktor diaktifkan, pengguna harus memasukkan kode cadangan untuk membuka akunnya.

Biasanya, kode cadangan atau kode keamanan dikirimkan melalui SMS setiap kali pengguna masuk Instagram dari perangkat lain atau perangkat tidak pernah dikenali. Sistem inilah yang menjaga akun agar tak diambil alih oleh pihak yang tak bertanggungjawab.

Kendati demikian, Instagram tidak memberi penjelasan kapan fitur ini akan disebar untuk semua pengguna. KompasTekno pun masih belum bisa menemukan fitur keamanan teranyar ini.

Baca juga: 10 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Stories

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com