Kompas.com - 20/07/2018, 07:48 WIB
Nikon KeyMission 360 Photo FocusNikon KeyMission 360

KOMPAS.com - Nikon sempat turut memproduksi kamera 360 derajat ketika tren kamera tersebut marak beberapa tahun lalu. Namun sekarang, perushaan asal Jepang itu memastikan tidak akan memproduksinya lagi.

Informasi penghentian produksi itu diketahui dari situs resmi Nikon Jepang dan  Nikon Inggri. Total Ada tiga kamera 360 derajat yang kini telah dimasukkan daftar “discontinued” atau berhenti produksi, yakni satu model KeyMission 360 yang ada di situs Nikon Jepang dan dua KeyMission 80 yang ada di situs Nikon Inggris.

Kamera 360 derajat memang pernah menjadi tren tersendiri. Selain Nikon, produsen kamera seperti Ricoh dan GoPro, lalu produsen gadget seperti Samsung, Yi, Garmin dan LG juga memproduksi kamera 360 derajat sendiri.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Nikon Rumors, Jumat (20/7/2018), kendati situs resmi Nikon Jepang dan Inggris mencatat model tersebut sudah tidak diproduksi lagi, masih ada sejumlah toko kamera yang memiliki stoknya. Salah satunya adalah B&H dan Adorama.

Baca juga: Samsung 360 Round, Kamera 360 Derajat dengan 17 Lensa

Sebelumnya, Nikon juga telah memasukkan lini kamera mirrorless buatannya ke dalam daftar berhenti produksi. Kamera yang dimaksud adalah Nikon 1 J5, J4, J3, J2, J1, S2, S1, V3, V2, V1 dan AW1.

Salah satu hal yang diperkirakan sebagai penyebab matinya kamera mirrorless Nikon 1 adalah keputusan untuk menempatkan sensor gambar berukuran 13,2 x 8,8 milimeter. Ukuran itu sangat kecil, sementara kebanyakan kamera pesaing memakai yang lebih besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu desas-desus yang beredar menyebutkan bahwa Nikon sedang menyiapkan dua kamera mirrorless baru dengan sensor full frame.

Waktu peluncuran kedua kamera tersebut masih belum diketahui dengan pasti, tapi bisa dipastikan bahwa saat meluncur nanti tidak akan memakai nama “Nikon 1”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.