Kompas.com - 20/07/2018, 08:41 WIB
Salah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat Wang Oik Yusuf/ KOMPAS.comSalah satu unit iPhone X yang dibeli oleh Kittiwat Wang
|

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri kamera milik iPhone adalah salah satu yang terbaik. Tak sedikit fotografer yang mulai menggunakan perangkat ini untuk keperluan pengambilan gambar.

Apple menyadari betul akan hal ini. Untuk itu, Apple setiap tahunnya memberi penghargaan tertinggi bidang fotografi bagi pengguna iPhone.

Tahun ini, ribuan fotografer yang berasal dari 140 negara mengirim karya mereka untuk ikut serta dalam memperebutkan penghargaan fotografi tahunan dari Apple. Kali ini ajang iPhone Photography Award (IPPAWARD) ke-11 telah memiliki pemenangnya.

Ajang tahunan ini telah diselenggarakan sejak pertama kali iPhone diperkenalkan pada publik. Dalam ajang ini, peserta hanya diperkenankan mengambil gambar menggunakan iPhone maupun iPad dan foto tersebut belum diunggah di media sosial.

Selain itu, software pengolah gambar yang diperbolehkan dalam ajang ini hanya software bawaan dari iOS, bukan software lain semisal Photoshop.

Tahun 2018 ini peringkat pertama sebagai foto terfavorit ditempati oleh Alexandre Weber dari Swiss. Ia mengambil gambar seorang wanita asal Brasil dengan menggunakan iPhone 6s.

Pada peringkat kedua ditempati fotografer asal China lewat karyanya yang berjudul Eye to Eye. Peringkat ketiga ditempati oleh Zarni Myo Win yang mengambil gambar seorang anak difabel yang tengah bermain sepak bola dengan anak lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Para pengguna iPhone sangat piawai dalam melakukan storytelling lewat sebuah gambar. Foto-foto tahun ini secara teknis sangat impresif dan banyak yang sangat personal," ungkap Kenan Aktulun, penggagas IPPAWARDS, seperti dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (20/7/2018).

Baca juga: Ini Daftar 10 Ponsel Terlaris Sepanjang Masa

Selain tiga besar foto terfavorit, Apple juga memberikan penghargaan iPhone Photographer of The Year yang jatuh pada Jashim Salam dari Bangladesh lewat foto berjudul "Displaced" (terlantar).

Pemenang iPhone Photography AwardsJashim Salam/IPPAWARDS Pemenang iPhone Photography Awards
Foto yang diambil menggunakan iPhone 7 ini menunjukkan para pengungsi tengah menonton pertunjukkan film di posko kesehatan di Ukhiya.

Kemudian ada juga beberapa 18 kategori lainnya yang dinilai oleh dewan juri. Seluruh foto pemenang dari masing-masing kategori bisa Anda lihat lewat tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.