Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Instagram Kini Bisa Lihat Teman yang Sedang "Online"

Kompas.com - 21/07/2018, 16:01 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Slashgear

KOMPAS.com - Instagram kini punya fitur baru. Lewat fitur ini, pengguna bisa melihat siapa saja pengguna lain yang tengah online melalui sebuah tanda.

Tanda tersebut berupa titik hijau yang akan muncul pada sisi kanan foto profil rekan yang mengikuti Anda atau rekan yang sebelumnya memiliki riwayat percakapan dengan Anda. Fitur ini sejatinya mirip dengan yang dimiliki Facebook Messenger.

Fitur ini diluncurkan Instagram guna meningkatkan angka interaksi antar pengguna. Selain itu Instagram juga berharap fitur ini dapat membuat pengguna lebih nyaman saat berbagi konten yang disukai.

Bagi Anda yang tidak suka dengan fitur ini, Instagram pun menyediakan opsi untuk menonaktifkannya. Fitur ini dapat dimatikan lewat pengaturan Activity Status di menu Settings.

Memang, tak semua pengguna menyukai adanya fitur ini karena kerap dianggap sebagai sesuatu yang mengganggu privasi. Karena pertimbangan itulah Instagram menyediakan pilihan untuk menonaktifkannya.

Fitur penanda aktif atau tidaknya pengguna ini sebenarnya sudah dimiliki Instagram. Namun fitur sebelumnya hanya memerlihatkan keterangan kapan terakhir kali pengguna tersebut online di Instagram melalui tanda "active .. ago".

Sebelumnya, Instagram juga dilaporkan tengah menguji sebuah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menghapus seseorang dari daftar follower. Selain itu, Instagram juga akan memperketat sistem keamanannya dengan menggunakan kode token.

Baca juga: 10 Aplikasi Android dan iOS untuk Mempercantik Instagram Stories

Selain itu, Instagram juga kabarnya akan membawa tombol reaction yang dimiliki Facebook ke dalam Insta Stories, seperti dikutip KompasTekno dari Slashgear, Sabtu (21/7/2018),

Tombol Reactions pada Instagram Stories terpatri di sisi bawah layar sebelah kiri, berdampingan dengan kolom “write a message”. Dulunya tempat itu untuk menaruh ikon kamera saat pengguna hendak membalas unggahan teman dengan foto.

Baca juga: Facebook dan Instagram Bakal Blokir Pengguna Usia di Bawah 13 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com